Beranda Humas Kutim Tingkat Pemahaman TP PKK Kutim Gelar Pelatihan Dasawisma Bagi Zona I

Tingkat Pemahaman TP PKK Kutim Gelar Pelatihan Dasawisma Bagi Zona I

71 views
0

Staf Ahli Bidang Politik, Hukum  dan HAM Sektretariat Kabupaten, Syahrir mewakili Bupati Kutim, pelatihan Dasawisma  di Gedung Wanita, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim, Bukit Pelangi (Foto : Ist)

SANGATTA – Sabagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengelola Dasawisma dalam mengadministrasikan Dasawisma, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengelar pelatihan Dasawisma pada zona I yang meliputi, Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung dan Bengalon.

Pelatihan yang digelar sehari, Rabu (24/4/2019) di Gedung Wanita, Pusat Perkantoran Pemkab Kutim, Bukit Pelangi tersebut, dibuka resmi Staf Ahli Bidang Politik, Hukum  dan HAM Sektretariat Kabupaten, Syahrir mewakili Bupati Kutim. Kegiatan tersebut turut di hadiri Camat Sangatta Utara, Muhammad Basuni, Camat Sangatta Selatan, Hj Hasdiah, Camat Teluk Pandan, H Amir, perwakilan Camat Rantau Pulung  dan Camat Bengalon Suharman.

Syarir mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan pengurus Dasawisma. Untuk itu, Dia berharap, peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, sehingga bisa menerapkan apa yang telah dipelajarinya. Serta dapat membagikan pengetahuan kepada pengurus Dasawisma yang belum mengikuti pelatihan.

“Masih dalam momen peringatan hari Kartini, untuk itu diharpapkan semangat kartini terus dikobarkan dalam rangka membangun daerah,” ucap Syarir.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kutim, Nyonya Hj Encek U.R Firgasih dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Ketua TP PKK Kutim, Nyonya Tirah Satriani mengatakan, pelatihan Dasawisma ini merupakan momentum yang sangat penting untuk penguatan dasawisma baik dalam program kerja maupun kelompok dasawisma yang ada di desa. Sebagai gambaran bahwa jumlah kepala keluarga (KK) Se-Kabupaten Kutai Timur sekitar 95.860 KK. Maka, seyogyanya jumlah kelompok yag harus tersebentuk sebanyak 4.793 kelompok, akan tetappi kenyataan hingga saat ini baru sekitar 1600 kelompok atau 33 persen kelompok Dasawisma.

“Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang manfaat Dasawisma, kurangnya dukungan dari berbagai pihak tidak terkecuali Pemerintah setempat terhadap pengembangan kelompok-kelompok Dasawisma. Inilah yang menjadi dasar TP PKK Kutim melaksanakn pelatihan Dasawisma pada hari ini. Rencana pelatihan Dasawisma juga akan dilaksanakan  di 3 Zona lainnya diwilayah Kutim,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengelola Dasawisma dalam mengadministrasikan Dasawisma. Selanjutnya, meningkatkan pemahaman pengurus tentang manfaat dan peran serta Dasawisma dalam pembangunan daerah. Terakhir, meningkatkan silatuhrahmi dan persamaan persepsi serta motivasi antara Pemerintah dan TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan dari 10 pokok program PKK.

Lebih jauh, Dia berharap, Ketua dan Sekretaris TP PKK Kecamatan untuk dapat terus membina kader PKK, kelompok-kelompok Dasawisma agar terus berpartisipasi dalam membangun melalui gerakan PKK dan gerakan Dasawisma dan setiap KK atau rumah untuk menjadi anggota Dasawisma diwilayah masing-masing agar target pembentukan Dasawisma Kutim dapat segera tercapai.

“Selanjutnya SDM Pengelola Dasawisma dapat ditingkatkan terus-menerus agar dapat memahami peran dan fungsinya sehingga dapat berkembang dengan baik untuk memenuhi standar rasio yang diharapkan. Serta keterlibatan mitra kerja TP PKK dalam membina dan mengembangkan Dasawisma dapat ditingkatkan,” tutupnya.(hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here