Beranda Kutai Timur Menguatkan Sistem Kependidikan di Kutim – Saat Hardiknas, Ismunandar Luncurkan Simaksiru

Menguatkan Sistem Kependidikan di Kutim – Saat Hardiknas, Ismunandar Luncurkan Simaksiru

75 views
0

Prosesi peluncuran Simaksiru oleh Bupati Kutim Ismunandar bertepatan Hardiknas. (Foto: Fuji Humas)

SANGATTA- Bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) kembali meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kinerja Guru atau Simaksiru. Aplikasi system aplikasi berbasis aplikasi mobile ini diluncurkan langsung oleh Bupati Kutim H Ismunandar sebagai rangkaian acara peringatan Hardiknas 2019, di Halaman Sekretariat Kabupaten, Kamis (2/5/2019).

Peluncuran aplikasi dengan dukungan internet ini disaksikan Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, unsur pimpinan DPRD Kutim, para pejabat lingkup Pemkab Kutim, FKPD serta ribuan insan Pendidikan dan peserta upacara.

Ditemui selepas upacara usai, Bupati Kutim Ismunandar mengatakan bahwa Pemkab sangat fokus pada pengembangan dan peningkatan pendidikan. Contohnya adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan. Termasuk pula program-program yang berdampak positif pada pendidikan, seperti penggunaan Simaksiru ini.

“Pemkab Kutim tentu saja tetap memprioritaskan peningkatan kualitas pendidikan yang ada di Kutim. Tak hanya bagi murid-muridnya, tetapi juga pada pendidiknya,” kata Ismu mengenakan baju adat Kutai yang menjadi pakaian wajib pada upacara tersebut.

Ismu menambahkan bahwa dibawah kepemimpinannya program pendidikan yang sudah berjalan baik akan terus dipertahankan. Sedangkan yang masih kurang akan terus dibenahi. Demi tercapainya pendidikan yang baik dan berkualitas.

Plt Kadisdik Roma Malau menjelaskan, Simaksiru berfungsi untuk memastikan kinerja profesi pendidik memenuhi standar profesinya. Selanjutnya memberikan jaminan pelayanan pendidikan yang paripurna di wilayah Kutim.

“Dengan berlangsungnya layanan pendidikan secara professional. Serta manajemen sekolah yang berdaya guna tinggi, maka upaya menciptakan disiplin dan produktifitas profesi dibidang kependidikan akan lebih terjamin,” sebut Roma.

Melalui Simaksiru, profesi kependidikan di Kutim akan memperoleh manfaat. Diantaranya rekam jejak kinerja dan angka kredit terpantau. Kenaikan pangkat lebih pasti, kesejahteraan profesi lebih adil dan pembinaan profesi lebih fokus. Intinya aplikasi Simaksiru akan menguatkan pendidikan, khususnya dalam system pengawasan pada saat kegiatan belajar mengajar disetiap sekolah di Kutim. Secara bertahap system ini akan terpasang diseluruh sekolah di Kutim. Mulai dari PAUD, hingga SMP. Namun khusus untuk peluncuran kali ini aplikasi terpasang di SMPN 1, 2 dan 3 Sangatta Utara, serta di SMPN 1 Sangatta Selatan.

Memastikan sistem ini berfungsi, saat peluncuran Bupati Kutim didampingi isteri yang juga Wakil Ketua DPRD Kutim Ny Hj Encek UR Firgasih dan Wabup Kasmidi Bulang mencoba berkomunikasi dengan guru maupun siswa dari empat sekolah dimaksud. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here