Beranda Pendidikan 3.000 Peserta Ikut Pawai Obor Muara Bengkal – Meriahkan HUT Pramuka

3.000 Peserta Ikut Pawai Obor Muara Bengkal – Meriahkan HUT Pramuka

376 views
0

Bupati Kutim H Ismunandar melepas peserta pawai obor di Lapangan Gajah Mada, Kecamatan Muara Bengkal. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Suasana malam di Kecamatan Muara Bengkal Kabupten Kutai Timur (Kutim) yang biasanya nampak sepi, Senin (5/8/2019) malam, dipenuhi ribuan obor yang diarak diruas jalan Kecamatan.

kurang lebih sebanyak 3.000 peserta dari kalangan pelajar tingkat SD hingga SMA dan sejumlah instansi di kecamatan tersebut, turut serta menyemarakkan pawai obor yang dihelat menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-58 tahun 2019.

Start yang dimulai di Lapangan Bola Gajah Mada, Muara Bengkal, dilepas langsung Bupati Kutim H Ismunandar membuat kegiatan pawai obor tersebut terasa spesial.

Saat melepas peserta pawai, Bupati menerangkan bahwa pramuka adalah tempat mendidik sebagai Kawah Candradimuka dalam menempa dan mendidik calon pemimpin di Indonesia.

“Saya minta yang hadir bangga menjadi pramuka Indonesia, karena pertama adalah pramuka itu harus santun, menghormati yang tua dan menjauhi perbuatan terlarang. Terutama manjauhi narkoba. Kalau ada pramuka yang mengkonsumsi narkoba berarti bukan seorang pramuka,” tegas Bupati dihadapan ribuan pelajar saat itu.

Orang nomor satu di Kutim itu, kembali mengingatkan para pramuka di Kecamatan Muara Bengkal juga merupakan calon pemimpin masa depan di Kutim. Maka dari itu Ia meminta semua bangga menjadi pramuka di Kecamatan Muara Bengkal.

“Belajar lah dengan baik terus ikuti kegiatan kepramukaan di Kecamatan Muara Bengkal, dalam rangka menempa dan mendidik adik – adik sekalian dan kakak selaku Pembina dalam menjadikan anak kita mempunyai masa depan yang cerah,” pungkas Ismu sapaan akrab bupati ini.

Ketua Kwarran Kecamatan Muara Bengkal, Alamsyah, mengatakan, kegiatan pawai obor diikuti kurang lebih 3.000 peserta dari kalangan pelajar SD hingga SMA dan instansi lainnya di Kecamatan Muara Bengkal. Untuk pelajar masing-masing sekolah diminta mengirimkan perwakilan sebanyak 50 orang.

“Tujuan kegiatan pawai obor ini selain memperingati HUT paramuka ke-58, yakni menyosialisasikan agar pramuka dapat lebih dikenal, berkembang dan maju di Kecamatan Muara Bengkal,” ujar Alamsyah. (hms10)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini