Beranda Sosial & Kesehatan Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat – Puskesmas Baru Muara Ancalong Mulai Dibangun

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat – Puskesmas Baru Muara Ancalong Mulai Dibangun

257 views
0

Bupati H Ismunandar saat meletakkan batu pertama pembangunan puskesmas baru Kecamatan Muara Ancalong, Senin (5/8/2019). (Foto Jani Humas)

SANGATTA – Peningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat diwilayah pedalaman, menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Salah satunya dengan membangun berbagai fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas yang representatif. Terbaru, Bupati Kutim H Ismunandar meletakkan batu pertama pembangunan Puskesmas baru di Kecamatan Muara Ancalong, Senin (5/8/2019).

Peletakkan tersebut disaksikan Camat Muara Ancalong Sabran,  Kadis Kesehatan dr Bahrani, Kasatpol PP Didi Herdiyansah, tokoh masyarakat dan agama setempat, unsur FKPD kecamatan serta beberapa pihak perusahaan diwalayah tersebut.

Pembangunan Puskesmas di kecamatan tertua di Kutim ini, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai, Rp 4,9 Miliar. Direncanakan rampung dalam waktu 150 hari.

Dihadapan para undangan yang hadir, Bupati Kutim H Ismunandar mengajak pihak terkait maupun perusahaan sekitar, untuk dapat berpartisipasi dalam pemenuhan fasilitas Puskesmas, terutama pemenuhan listrik dan air bersih. Hal ini dinilai sangat penting demi kenyamanan masyarakat.

“Jadi tidak hanya bangunan saja diperhatikan, tapi tanahnya juga bisa diuruk. Karena keberadaan Puskesmas ini bukan hanya untuk masyarakat muara ancalong saja, tapi karyawan perusahaan juga termasuk. Karena rujukannya dari sini. Jadi kita sama-sama meningkatkan pelayanan agar masyarakat merasa nyaman ketika berkunjug,” tutur Ismu.

Usai prosesi peletakkan, Ismu mengungkapkan, bahwa di Kecamatan Muara Ancalong sebesar 80 persen masyarakat sudah menikmati air bersih. Bersamaan proses pembangunan puskesmas, dibangun pipa air bersih sepanjang 400 meter.

“Inilah yang selalu saya sampaikan, bahwa fokus pembangunan selama ini adalah bagaimana memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Jadi masyarakat mudah mendapatkan air bersih, mendapatkan listrik, mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan serta peningkatan perekonomian. Inilah program utama saya selama diamanahi sebagai Bupati,” jelas Ismunandar.

Sebelumnya, Camat Muara Ancalong Sabran, sangat bersyukur dengan pembangunan puskesmas baru ini. Sebab, sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

“Kondisi bangunan puskesmas sebelumnya sudah tidak layak. Terutama kondisi ruang rawat inap dan alat kesehatan yang terbatas. Diharapkan setelah rampung pembangunan puskesmas ini, pelayanan kesehatan di Muara Ancalong jadi lebih baik,” ucap Sabran.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kutim dr Bahrani, mengatkan, pihaknya terus berusaha meningkatkan alat kesehatan dan pemenuhan fasilitas pada pembangunan Puskesmas. Termasuk ruang rawat inap yang dilengkapi 30 tempat tidur.

“Sampai saat ini sebanyak 6 Puskesmas sudah terbangun di wilayah Kutim. Diantaranya di Kecamatan Kongbeng, Telen, Long Mesangat, Sangatta Selatan dan Muara Ancalong. Tahun depan rencananya juga akan dibangun rumah sakit pratama didaerah ini. Jadi bapak ibu tidak perlu jauh ke Samarinda untuk merujuk,” ungkap dr Bahrani.(hms10)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini