Beranda Kutai Timur Lomba Lingkungan Bersih Dan Gapura Cinta Negeri – Wabup: Tumbuhkan Semangat Gotong...

Lomba Lingkungan Bersih Dan Gapura Cinta Negeri – Wabup: Tumbuhkan Semangat Gotong Royong Dan Cinta Lingkungan

81 views
0

Wakil Bupati Kasmidi Bulang kunjungi beberapa RT yang mengikuti kejuaraan lomba lingkungan bersih dan gapura cinta negeri.(Foto: Vian Humas)

SANGATTA – Pada peringatan HUT ke-74 RI 2019, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) menggelar Lomba Kebersihan Lingkungan dan Gapura Cinta Negeri tingkat Rukun Tetangga se- Kecamatan Sangatta Utara yang diikuti 16 RT. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat gotong – royong, cinta lingkungan dan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih.

Wakil Bupati, Kasmidi Bulang beserta tim penilai dari unsur Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata meninjau RT 04 dan RT 50 di Kelurahan Teluk Lingga.

“Kunjungan ini untuk memantau kinerja panitia dan juri dalam penilaian sekaligus juga silaturahmi dengan warga. Bagaimana kerjasama warga menciptakan suasana lingkungan yang bersih, nyaman dan indah,” ujar Kasmidi.

Selain itu, Kasmidi juga menyampaikan terima kasih kepada warga yang sudah menjaga lingkungan tetap kondusif. Karena dengan keadaan yang aman pembangunan bisa berjalan, warga bisa berusaha dengan lancar. “ Mari terus jalin silaturahmi, bagaimana kita bisa mampu menghayati makna kemerdekaan yang sudah diraih oleh para pejuang. Salah satunya menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan serta kelestariannya. Dengan silahturahmi dan kerjasama, tentu persoalan bisa segera diatasi, tidak perlu sampai ke kabupaten. Cukup dengan musyawarah di tingkat RT,” tegas Kasmidi.

Saat dikonfirmasi sebelumnya, tim penilai dari Dinas Kesehatan, Irma Aryani menjelaskan bahwa ada beberapa kriteria yang dinilai pada lomba lingkungan ini antara lain unsur kebersihan, ketertiban, keamanan, kesejukan, keindahan dan keramahan. Sementara lomba Gapura Cinta Negeri berupa desain, inovasi,kesesuaian dan kerapian.

“Harus ada unsur sapta pesonanya, perilaku hidup bersih dan sehat serta kreatifitas warga dengan memanfaatkan limbah plastik atau daur ulang. Ada 16 RT yang mengajukan untuk mengikuti lomba kali ini. Penilainnya dimulai hari ini dan besok (20/8/2019) dan akan memperebutkan piala bupati bergilir,” ujar Irma.(hms4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here