Beranda Kutai Timur Ismu Imbau Masyarakat Waspada Karhutla – Semua Elemen Harus Kerjasama Padamkan Api

Ismu Imbau Masyarakat Waspada Karhutla – Semua Elemen Harus Kerjasama Padamkan Api

122 views
0

Bupati Kutai Timur  H Ismunandar.(Foto: Dok Humas)

SANGATTA – Menyikapi kondisi cuaca saat ini yang berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran hutan dan lahan serta mempertahankan arahan Presiden RI dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tahun 2019 di Istana Negara pada tanggal 6 Agustus 2019, Bupati Kutai Timur H Ismunandar mengeluarkan imbauan. Imbauan ditujukan kepada kepada semua Kapala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat dan Pimpinan Perusahaan se-Kutim.

Berkait dengan hal itu, Ismunandar meminta para pimpinan untuk memperhatikan beberapa hal penting diantaranya, mengedepankan upaya pencegahan terhadap hal-hal yang berpotensi menimbulkan Karhutla.

“Dalam hal telah terjadi Karhutla semua elemen baik pemerintah maupun non pemerintah agar kerjasama untuk memadamkan api sekecil apapun,”terang Ismu dalam imbauan tersebut.

Kemudian, lanjutnya, melakukan patroli terpadu untuk deteksi dini, sehingga kondisi di lapangan selalu termonitor dan terpantau. Berikut, setiap badan usaha/stakeholder yang mengelola kawasan (kehutanan, perkebunan dan pertambangan) agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap bahaya karhutlah diwilayahnya masing-masing.

“Melakukan langkah – langkah penegakan hukum, namun tetap mendahulukan upaya – upaya persuasi dan pembinaan kepada masyarakat,” ucapnya.

Terakhir, melaporkan secara berjenjang setiap kejadian Karhutla sesuai dengan tugas dan fungsinya. (hms15)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini