Beranda Pemerintahan Jalan 3 Tahun, Pemkab Kutim Dinilai Sukses – Ada 59 SPAMDes dan...

Jalan 3 Tahun, Pemkab Kutim Dinilai Sukses – Ada 59 SPAMDes dan PAMSIMAS Terbangun

114 views
0

PAMSIMAS kecamatan Busang.(Foto: Dok Humas)

SANGATTA-Bukti konkret kinerja Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar kini patut diapresiasi tinggi pasalnya salah satu program andalannya yaitu pelayanan target air bersih di kecamatan-kecamatan pedalaman dan pesisir dinilai sukses. Berjalan hingga 3 tahun terakhir pemerintah telah berhasil menghadirkan sarana dan fasilitas air bersih dan air minum bagi warga pedesaan yaitu SPAMDes dan PAMSIMAS. Melalui kedua program penyediaan air minum tersebut, kini sudah terbangun sebanyak 59 unit.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutim, Suwandi mengutarakan saat ini hanya ditargetkan terbangun sebanyak 60 unit penyediaan air minum pedesaan, baik melalui program SPAMDes dan PAMSIMAS. Keduanya dibangun untuk desa-desa yang tidak bisa terjangkau layanan air bersih dari PDAM Kutim.

“Nah, kini sebelum berakhirnya Tahun 2019 sudah terbangun 59 unit SPAMDes dan PAMSIMAS. Ini menjadi capaian bagus kedepan target 60 unit fasilitas penyediaan air mimum pedesaan bisa terlampaui hingga tahun depan,” jelasnya.

Ditambahkan Suwandi, jika melihat hasil ini persentasenya sudah hampir 100 persen. Ini catatan baik karena target yang ditetapkan pemerintah pusat secara nasional hanya menargetkan 51 persen penyediaan air minum pedesaan.

Untuk itu menurut Suwandi, meski target sudah hampir tercapai, namun Pemkab Kutim terus berkomitmen melanjutkan proses pembangunan sarana penyediaan air minum pedesaan. Sebab saat ini masih ada 50 desa di Kutim yang belum memiliki fasilitas tersebut. Terlebih lagi kondisi topografi dan geografi di Kutim serta posisi desa yang menyebar di setiap kecamatan, sehingga tidak mungkin terjangkau layanan PDAM Kutim.

“Melalui program SPAMDes dan PAMSIMAS, Pemkab Kutim akan berusaha keras menyediakan fasilitas sistem penyediaan air minum bagi masyarakat pedesaan,” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here