Beranda Entertainment Karnaval Budaya Nusantara Warnai Kemeriahan HUT ke 20 Kutim

Karnaval Budaya Nusantara Warnai Kemeriahan HUT ke 20 Kutim

121 views
0

Para peserta Pawai Karnaval Budaya Nusantara meriahkan HUT Kutim ke 20. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Pelaksanaan Karnaval Budaya Nusantara memperingati Hari jadi ke 20 Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Minggu (06/10/2019) pagi, berlangsung semarak. Pelaksanaan karnaval dimulai dari di depan Kantor Bawaslu Kutim Jalan Yos Sudarso II, menyusuri Jalan A Wahab Syahrani (eks Jalan Pendidikan) hingga finish di Polder Sangatta Jalan Ilham Maulana, di lepas Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang.

Setelah melepas peserta, pawai karnaval, Wabup menuju panggung kehormatan yang disiapkan panitia dipusatkan di Polder Sangatta didampingi Seskab Irawansyah dan beberapa kepala OPD serta perwakilan FKPD. Berdasarakan catatan, ada sekitar 38 peserta yang ikut pada pawai tersebut. Terdiri dari, 17 perwakilan OPD, sembilan dari peserta umum, tiga dari pelajar SMA, 5 SD dan tiga dari tingkat SMP.

“Ada 175 undangan yang kami sebar untuk mengikuti karnaval budaya, namun hanya 38 tim yang turut berpartisipasi. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kapada seluruh panitia maupun peserta yang sudah memeriahkan kegiatan karnaval budaya ini,” ujar Ketua Panitia Pawai Budaya, Nurullah.

Saat itu para peserta menampilkan khas budaya dari berbagai suku dan menampilkan yel yel yang dibalut  tarian tradisional di depan panggung kehormatan. Bahkan, beberapa peserta mengenakan busana dari kreasi daur ulang sampah. Paling menarik perhatian suguhan dari peguyuban Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kutim yang menampilkan tarian khas Bali dengan membawa patung ogoh-ogoh.

Sebelum melepas para peserta pawai, Wabup Kasmidi Bulang menjelaskan, kegiatan pawai karnaval ini merupakan salah satu  rangkain HUT Kutim ke 20. Selain itu diisi dengan pameran Expo dan puncaknya di laksanakan upacara peringatan HUT Kutim.

“Rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kutim cukup banyak, kemarin kita sudah selenggarakan mancing mania dengan total peserta yang luar biasa yaitu 1050 orang. Selanjutnya kemarin sore juga di buka acara Pekan Budaya Nusantara di area Polder Sangatta. Selain itu juga diadakan kegiatan olahraga-olahraga, salah satunya RC Boat yang dihadiri peserta dari luar daerah seperti DKI Jakarta, Kalsel dan Tarakan bahkan dari Malaysia. Untuk itu mari kita meriahkan HUT Kutim tahun ini dengan gembira,” ujar Kasmidi.

Lebih lanjut Kasmidi menjelaskan, Kemeriahan HUT Kutim kali ini khususnya diperuntukan bagi masyarakt Kutim. Terselenggara berkat sumbangsih bersama, dari berbagai pihak ketiga maupun sponsor lain.

“Terima kasih kepada para peserta baik dari kalangan OPD, ormas pelajar dan masyarakat umum, yang sudah berpartisipasi memeriahkan acara kita hari ini,” ujar orang nomor dua di Kutim ini. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here