Beranda Infrastruktur Implementasi Program Smart City – Folder Sangatta Difasilitasi Free Wifi 24 Jam

Implementasi Program Smart City – Folder Sangatta Difasilitasi Free Wifi 24 Jam

329 views
0

Area Folder Sangatta, Jalan Ilham Maulana.(foto: Dok Humas)

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik), mulai menyediakan jaringan internet gratis atau free wifi untuk masyarakat Kota Sangatta. Lokasi free wifi itu di area Folder Sangatta, Jalan Ilham Maulana. Fasilitas ini diberikan guna mendukung pelaksanaan program Smart City yang sudah direncanakan sejak lama.

Kapala Diskominfo Perstik Kutim Ir Suprihanto CES mengutarakan penyediaan fasilitas internet gratis adalah salah satu cara menuju pembangunan suatu wilayah kabupaten dengan “Smart City”. 

“Launching fasilitas internet gratis merupakan permulaan saja atau sebagian kecil program yang nantinya akan mendukung secara penuh pembangunan Kabupaten Pintar. Untuk di Folder Sangatta, kita men-support pelayanan internetnya dengan jangkauan seputaran area ini saja,” ungkapnya.

Warga dapat memanfaatkan jaringan internet selama 24 jam penuh di kawasan Folder, tanpa perlu menggunakan password saat memanfaatkan internet. Tentunya untuk saat ini fasilitas tersebut turut membantu warga yang ingin melalukan pendaftaran CPNS di Kutim. Dia berharap dengan dibukanya akses internet gratis, mendukung kemudahan para pelamar CPNS Kutim. 

“Nantinya di desa-desa bisa di-cover dengan program seperti ini pula. Dengan nama internet desa. Asal ada jaringan listrik yang aman alias stabil di desa-desa, maka akan kita pasang jaringan internet gratis di desa,” tuturnya.

Terakhir Suprihanto yang mantan Kepala Bappeda Kutim tersebut menyampaikan program internet gratis merupakan awal, dari tahapan program smart city yang dikerjakan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah dalam membangun keterbukaan informasi di era digitalisasi. Tentunya nanti akan berkembang jauh kedepan hingga menyentuh desa-desa di pedalaman dan pesisir Kutim. (*/hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here