Beranda Pemerintahan Tutup Tahun, Pemkab Kutim Surplus Rp 128 Miliar – Pendapatan dari PAD...

Tutup Tahun, Pemkab Kutim Surplus Rp 128 Miliar – Pendapatan dari PAD dan DBH

141 views
0

LAPORAN: Kepala Bapenda Kutim Musyaffa saat menjelaskan kondisi anggran Pemkab Kutim yang mengalami surplus. (Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA-Kepada Bapenda Kutai Timur (Kutim) Musyaffa melaporkan jika Pemkab Kutim mengalami surplus (kelebihan) anggaran di penghujung tahun 2019. Hal itu ia kemukakan saat berada di kegiatan Coffee Morning sekaligus Refleksi Akhir Tahun di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim, kawasan Bukit Pelangi, Selasa (31/12/2019) yang disaksikan Bupati Ismunandar, Wabup Kasmidi, Seskab Irawansyah, dan deretan pejabat eselon II, III, dan IV serta jurnalis lokal.

Dijelaskan Mantan Kabag Keuangan Setkab Kutim ini jika APBD Kutim per 30 Desember 2019 ditetapkan sebesar Rp 4 Triliun dengan realisasi realisasi pendapatan Rp 3,9 Triliun dan pembelanjaan hanya Rp 3,8 Triliun selanjutnya mendapat surplus sebanyak Rp 128 Miliar. Adapun surplus dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai 100 persen, dana bagi hasil (DBH) pajak provinsi di atas 100 persen dan DBH transfer pusat sekira 98 persen.

“Surplus itu karena realisasi belanja cuma Rp 3,8 Triliun saja. Tagihan yang masuk ke kami tidak melebihi itu,” ungkapnya.

Ditambahkan Musyaffa, pemerintah akan terus menginventarisasi seluruh utang yang belum terbayar dan jangan sampai ada yang tertinggal. Ia mengaku adanya utang itu masih dalam progres pembayaran.

“Utang masih ada, dengan adanya surplus sudah dihitung. Kita ada tambahan anggaran, makanya ada surplus. Kalau utang sudah di SP2D atau diinventarisasi,” ungkapnya.

Senada, Sekretaris Daerah (Seskab) Irawansyah mengutarakan jika permasalahan yang belum selesai tahun sebelumnya, harus wajib dirampungkan di 2020. Pihaknya telah menginventarisasi seluruh program.

“Seperti mana yang telah dibayar dan mana yang belum dibayar. Baik dibagian aset maupun program kerja. Kami masih terus berupaya menyelesaikannya,” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here