Beranda Pariwisata Telen Fokus Kembangkan Agribisnis dan Pariwisata

Telen Fokus Kembangkan Agribisnis dan Pariwisata

213 views
0

Saat Wabup pimpin Musrenbang Kecamatan Telen.(Vian Pro Kutim)

TELEN – Kecamatan Telen akan fokus mengembangkan sektor pertanian dengan mengusulkan cetak lahan sawah seluas 1030 hektar (ha) di beberapa desa serta pembangunan irigasi pada Musrenbang Kecamatan Telen, Minggu (9/2/2020) di Balai Pertemuan Umum Desa Muara Pantun.

Selain sektor pertanian Kecamatan Telen juga akan mengembangkan sektor pariwisata dengan merevitalisasi waduk Bumi Lestari di desa Juk Ayak dan Gua Batu Dinding di Desa Marah Haloq.

Wakil Bupati, Kasmidi Bulang yang membuka Musrenbang mengapresiasi usulan tersebut untuk peningkatan ketahanan pangan di Kutim.

“Pencetakan sawah baru ini merupakan langkah yang positif bagi pemenuhan kebutuhan beras yang sekarang masih banyak diimpor dari daerah lain. Ini sekaligus upaya meningkatkan ketahanan pangan. Bagaimana mengurangi ketergantungan kebutuhan pokok terutama beras di Kutim,” ujar Kasmidi.

Dia menyatakan akan mengoptimalkan pola pembiayaan yang ada baik melalui APBD, bantuan keuangan provinsi maupun melalui dana pusat untuk pencetakan sawah baru dan saluran irigasi.

“Sekarang tinggal bagaimana kita berusaha untuk mendapatkan sumber – sumber pembiayaan tersebut termasuk melalui dana CSR perusahaan,” saran Kasmidi.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kasmidi Bulang menyampaikan pagu anggaran 2020 untuk kecamatan Telen sebesar Rp 17,09 miliar yang terbagi dalam 67 kegiatan.

Sementara itu, Camat Telen Luhat Ivung menyampaikan bahwa 1030 ha lahan yang disiapkan tersebut ada di Desa Marah Haloq seluas 400 ha, di Desa Long Melah 200 ha, Desa Muara Pantun 130 ha dan 100 ha di Desa Long Noran. Sedangkan obyek wisata yang akan dikembangkan berupa Waduk Bumi Lestari di Desa Juk Ayak serta Gua Batu Dinding di Desa Marah Haloq.

“Waduk Bumi Lestari ini luasnya 300 ha, airnya bersih dan pemandangan alam di sekitarnya sangat indah. Ini sangat potensial dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata unggulan dan sumber air baku. Selain itu ada Gua Batu Dinding merupakan gua alam yang menakjubkan dan menantang untuk ditelusuri,” jelas Luhat Ivung.

Camat Telen, Luhat Ivung pada Musrenbang ini menyampaikan ada 118 usulan yang disampaikan dalam MusrenbangDes dan yang disepakati hanya 40 usulan dimana masih didominasi pembangunan fisik seperti semenisasi jalan antar desa, pembangunan Kantor Camat permanen, pembangunan rumah staf kecamatan.(hms4/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here