Beranda Pemerintahan Bupati Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020 – Bersama Kepala Daerah Seluruh Indonesia

Bupati Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020 – Bersama Kepala Daerah Seluruh Indonesia

125 views
0

Suasana Rakornas Investasi Tahun 2020. (Fuji Pro Kutim)

JAKARTA- Guna meningkatkan koordinasi dan konsolidasi program kegiatan penanaman modal antara Pemerintah Pusat dan Daerah, bagi peningkatan perekonomian dan pemerataan investasi di daerah, Pemerintah Pusat kembali mengundang seluruh kepala daerah ke Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Seluruh pejabat dikumpulkan di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, SCBD, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta, untuk mengikuti kegiatan Rakornas yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Sekitar 2.000an peserta, diundang dalam Rakornas bertema “Peningkatan Investasi Bagi Indonesia Maju” kali ini. Terdiri dari seluruh Gubernur, Bupati/Walikota, Sekretaris Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Provinsi dan Kabupaten/Kota. Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Badan Pengusahaan Kawasan Persagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) serta Kementerian dan Lembaga.

Bupati Kutim H Ismunandar didampingi Seskab Irawansyah dan beberapa pejabat Pemkab Kutim, hadir memenuhi undangan yang disampaikan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia tersebut.

Pada rakornas kali ini, seluruh peserta selain mendengarkan instruksi Presiden juga menyimak arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengenai fasilitasi penyelesaian masalah untuk mendorong percepatan realisasi investasi. Selanjutnya arahan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengenai penataan regulasi melalui Omnibus Law bagi peningkatan investasi dan penciptaan lapangan kerja.

Dilanjutkan dengan diskusi panel sesi 1 dengan topik, sinergi kebijakan dalam rangka penciptaan kepastian hukum di Pusat dan Daerah untuk peningkatan serta pemerataan. Menghadirkan pembicara Menteri Dalam Negeri, Kapolri dan Jaksa Agung. Diskusi panel sesi 2 mengangkat topik pemberdayaan dan peningkatan peran investasi UMKM dan koperasi. Melibatkan narasumber Menteri Koperasi dan UMKM, serta Menteri BUMN.

Selanjutnya pada sesi 3 ada dialog dengan Kepala BKPM dengan peserta rakornas. Bertopik potensi investasi dan fasilitasi pelaksanaan investasi di daerah. Ditutup dengan sidang kelompok kesepakatan terkait perencanaan dan pengembangan pelaksanaan penanaman modal. Promosi dan pengendalian pelaksanaan penanaman modal serta pelayanan perizinan, kerjasama penanaman modal dan dukungan kebijakan kesekretariatan. Sesuai jadwal, acara dilangsungkan sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here