Beranda Pemerintahan Dari Rakornas Investasi 2020 – Jokowi: Kecepatan Melayani Investor Penting !

Dari Rakornas Investasi 2020 – Jokowi: Kecepatan Melayani Investor Penting !

206 views
0

Presiden RI Joko Widodo bersama beberapa kabinet menternya.(Fuji Pro Kutim)

JAKARTA – Dihadapan sekitar 2.000-an peserta Rakornas Investasi 2020 bertema “Peningkatan Investasi Bagi Indonesia Maju”, Presiden RI Joko Widodo menegaskan soal pentingnya kecepatan dalam melayani para investor. Disaat sekarang ini hal tersebut sangat dibutuhkan. Pasalnya, banyak investor yang berminat menanamkan modalnya di Indonesia. Demi menumbuhkan geliat perekonomian. Sebagai contoh, pada 2019 ada investasi senilai Rp 708 triliun yang sudah masuk ke Indonesia, tetapi izin urung diselesaikan. 

“Sudah buka pintu, sudah masuk, tapi berhenti. Itu Rp 708 trilun. Sebetulnya kita enggak perlu promosi ke mancanegara enggak perlu, yang di dalam saja selesaikan,” pinta Jokowi sembari berharap hal-hal penghambat investasi dihapuskan di 2020 ini.

Selain itu dia mengungkapkan namanya sering digunakan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk menyelesaikan izin investasi yang mangkrak di daerah.

Di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (20/2/2020), dia mengaku kinerja Bahlil patut dicontoh, lantaran mampu menyelesaikan sejumlah izin investasi yang mangkrak di daerah. Sebagai contoh adalah perizinan investasi di Cilegon, Banten, yang mangkrak selama empat tahun. Namun mampu diselesaikan Bahlil dalam waktu kurang dari dua pekan.

“Saya senang kepada Pak Bahlil karena gamblang dan arahnya ke mana juga kelihatan. Meskipun sering pakai nama presiden kalau ke daerah,” ujar Jokowi, lantas disambut tawa peserta Rakornas.

Jokowi mengatakan, ia tak keberatan namanya dicatut asal untuk menyelesaikan persoalan di daerah. Digunakan untuk kebaikan dan kecepatan proses perizinan investasi.

Rakornas ini bertujuan meningkatkan koordinasi dan konsolidasi program kegiatan penanaman modal antara Pemerintah Pusat dan Daerah, bagi peningkatan perekonomian dan pemerataan investasi di daerah. Ribuan peserta yang hadir adalah Gubernur, Bupati/Walikota, Sekretaris Provinsi dan Kabupaten/Kota, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Provinsi dan Kabupaten/Kota. Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Badan Pengusahaan Kawasan Persagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) serta Kementerian dan Lembaga. Bupati Kutim H Ismunandar hadir didampingi Seskab Irawansyah dan Plt Kepala DPM PTSP Kutim Saiful Akhmad. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here