Beranda Entertainment Satu Lagi Warga Kutim Positif Covid-19 – KTM 13 Kontak Erat Dengan...

Satu Lagi Warga Kutim Positif Covid-19 – KTM 13 Kontak Erat Dengan KTM 9 dan KTM 10

490 views
0

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kutim Bahrani Hasanal.(Dok Pro Kutim)

SANGATTA – Kabupaten Kutai Timur terus menambah jumlah pasien terkonformasi positif COVID-19. Senin (27/4/2020) kemarin, jumlahnya menjadi 13 kasus. Penambahan kasus positif itu diperoleh dari hasil polymerase chain reaction (PCR), bukan dari hasil rapid test. Penambahan satu kasus di Kutim ini, dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kutim Bahrani Hasanal Senin (27/4/2020) malam, saat dikonfirmasi via whats app.

“Benar sampai saat ini sudah 13 kasus, KTM 13 adalah laki-laki 54 tahun merupakan ayah dan mertua dari KTM 9 dan KTM 10, dari Kecamatan Muara Wahau. KTM 13 ini merupakan klaster Gowa yang berkontak erat dengan dengan KTM 9 dan KTM 10,” jelasnya.

Sementara itu, sambung Bahrani, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kutim saat ini mencapai 50 orang. Dari 435 orang, yang dinyatakan selesai pemantauan mencapai 385. Lebih jauh Bahrani, mengungkapkan dari 31 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 9 orang dinyatakan negatif, 13 orang positif dan 9 masih menunggu hasil swab dari Bapelkes Surabaya.

Sebagai informasi, dari 18 kecamatan di Kutim jumlah kasus tambahan dari Kecamatan Muara Wahau yang sebelumnya 3 kasus, kini menjadi 5 kasus. Untuk daerah lainnya Sangatta Utara tedapat 5 kasus, Long Mesangat 1 kasus, Kaubun 1 kasus dan Sangatta Selatan 1 kasus.

Meski jumlah penyebaran kian masif, mantan Direktur RSUD Kudungga ini mengimbau agar masyarakat tak panik namun tetap waspada. Hindari kerumunan atau kegiatan yang melibatkan jumlah massa banyak. Selain itu, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Menggunakan masker dan sarung tangan ketika hendak keluar rumah. Tetap tinggal dirumah saja, sering cuci tangan dengan air dan sabun, mengonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga,” pungkasnya. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here