Beranda Kutai Timur Tambah Dua Pasien Positif COVID-19 Kutim – KTM 42 dan KTM 43,...

Tambah Dua Pasien Positif COVID-19 Kutim – KTM 42 dan KTM 43, Satu Sembuh KTM 24

661 views
0

Info Grafis Sebaran COVID 19 Kutim Per 10 Juni. (Dok Dinkes Kutim)

SANGATTA – Data terkini Persebaran Pandemi COVID-19 di Kutai Timur (Kutim) per 10 Juni 2020 Pukul 18.00 Wita menginformasikan bahwa terjadi dua penambahan kasus pasien terkonformasi positif COVID 19 Kutim. Masing-masing KTM dan KTM 43. Informasi ini dilaporkan langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim Andi M Ishak dalam siaran pers via zoom di medsos instagram @dinkesprovkaltim.

“Terdapat penambahan 2 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 masuk wilayah kerja Puskesmas Teluk Lingga. Pertama yaitu KTM 42 adalah laki-laki usia 34 Tahun. Kasus merupakan karyawan swasta yang akan masuk ke lokasi kerja di Kutim. Tanggal 1 Juni tiba di Balikpapan setelah perjalanan dari Pati, Jawa Tengah. Tanggal 8 Mei, pasien diperiksa dalam pengambilan swab Nasopharing dan Oropharing di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB). Selanjutnya 9 Mei, dari hasil PCR di RSPB dinyatakan KTM 42 positif COVID 19 dan kini tengah dirawat intensif di ruang isolasi RSPB,” beber Andi.

Kemudian kedua yaitu KTM 43 adalah perempuan 45 tahun. Kasus merupakan istri dari salah satu karyawan swasta yang bermaksud menjemput suami yang resign dari perusahaan tersebut. Kasus domisili di Bali tetapi alamat KTP Kutim dan berencana melakukan perjalanan pulang ke luar daerah (Bali) melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan memenuhi persyaratan dengan melakukan PCR di RSPB. Kemudian 3 Juni, tiba di Balikpapan setelah perjalanan dari Bali untuk menjemput suaminya yang berada di Sangatta Kutim. Selanjutnya 8 Juni, pasien melakukan pengambilan swab Nasopharing dan Oropharing di RSPB dan melakukan isolasi mandiri pada rumah observasi. 

“Nah saat 9 Juni, dari hasil PCR di RSPB dinyatakan KTM 43 positif COVID 19. Namun pasien meminta dirawat inap di ruang isolasi Rumah Sakit Siloam Balikpapan,” jelas Andi.

Selanjutnya dari data yang dilansir dari medsos instagram @dinkeskutim ada penambahan satu kasus terkonfirmasi “sembuh” masuk wilayah kerja Puskesmas Sepaso, Kecamatan Bengalon. Yaitu KTM 24 adalah laki-laki usia 37 tahun. Riwayat kasus merupakan pelaku perjalanan dari Gowa. Tiba di Bengalon 23 Maret. Telah melakukan isolasi mandiri 14 hari. Kemudian pada 17 April dilakukan pemeriksaan rapid test hasil reaktif IgG dan IgM. Kasus merupakan rujukan dari Puskesmas Sepaso, pada 24 April di isolasi di RSUD Kudungga. Kemudian 27 dan 28 April dilakukan pengambilan swab, hasil keluar 6 Mei dinyatakan positif COVID 19. Hasil Swab evaluasi dua kali berturut-turut dengan hasil negatif dan 10 Juni dinyatakan sembuh.

Hingga kini total PDP di Kutim mencapai 66 kasus dengan total terkonfirmasi positif sebanyak 43 kasus dengan sembuh sebanyak 22 orang, negatif 23 kasus dan proses 0 kasus. Total ODP ada 564 kasus, selesai pemantauan 543 kasus dan dalam pemantauan 21 kasus. Sementara total OTG 518 kasus, terakhir total PP Monitoring 9.785 kasus dengan selesai pemantauan 8.533 kasus dan dalam pemantauan 1.252 kasus. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here