Beranda Infrastruktur Dermaga Penyeberangan Tanjung Keramat Segera Dibangun – Bakal Sedot APBN Rp 30...

Dermaga Penyeberangan Tanjung Keramat Segera Dibangun – Bakal Sedot APBN Rp 30 Miliar Lebih

618 views
0

Kepala BPTD wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Avi Mukti Amin saat diwawancarai awak media.(Foto:Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dirjen Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XVII Kaltim-Kaltara segera membangun penyeberangan Tanjung Keramat menuju dermaga Peridan, Sangkulirang, Kutai Timur (Kutim).

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BPTD wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Avi Mukti Amin usai memimpin rakor lintas sektor percepatan pembangunan dermaga penyeberangan Tanjung Keramat, di ruang rapat, Kantor Dishub Kutim, Rabu (27/1/2021). Diikuti pula oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suroto, Kadishub Kutim Rizali Hadi, Plt Kadis Kutim PU Witono dan undangan lainnya.

“Hal ini harus dikerjakan secara bersama-sama, sebab sinergi dan kebersamaan itu penting. Artinya dari urusan lahan yang paling terpenting, pelayaran, pelayanan di ramu secara sistemik, komprehensif dan secara berlanjutan dalam perencanaan transportasi,” kata Avi Mukti.

Avi Mukti berharap, terbangunnya dermaga Tanjung Keramat ini, bisa meningkatkan roda ekonomi di Sangkulirang dan wilayah Kutim, sehingga Kaltim bisa cepat berkembang mandiri. Ia mengatakan target selesai pembangunan dermaga berdasarkan kondisi yang ada di wilayah Sangkulirang, sebab perlu ditambahkan pengembangan-pengembangan lainnya. Karena, banyaknya perusahaan disekitar wilayah Sangkulirang membutuhkan koneksivitas dari pulau satu ke pulau lainnya.

“Sinergisitas menjadi kunci dalam pembangunan wilayah itu sendiri. Melihat Pemdes pun kooperatif mendukung terlaksananya pembangunan dermaga tersebut,” bebernya.

Untuk nominal biaya pembangunan, kata Avi Mukti, secara DIPA anggaran kurang lebih Rp 30 Miliar, sesuai dengan kajian teknis. Kemudian dilapangan diperkirakan bisa berkembang lebih dari nominal tersebut. Sumber dana itu berasal dari APBN yang didorong oleh Anggota DPR RI Dapil Kaltim dari Fraksi Partai Demokrat, Irwan.

“Saya kira ini, merupakan peluang bagi Kaltim untuk pengembangan wilayah dan ekonomi,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Suroto mewakili Plt Bupati Kutim, menyambut baik pembangunan penyeberangan tersebut. Ia berharap seluruh instansi terkait bisa terlibat memberikan kontribusi dalam percepatan pembangunan dan jika bisa selesai diakhir tahun 2021 ini.

“Pemkab Kutai Timur mendukung dan mengapresiasi pemerintah pusat dalam pembangunan dermaga. Semoga saja segera terwujud, agar memudahkan transportasi laut antar pulau di kecamatan Sangkulirang,” ujarnya. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here