Beranda Sosial & Kesehatan Ardiansyah Sulaiman Ajak Warga Sangkulirang Hadirkan TOGA di Halaman Rumah

Ardiansyah Sulaiman Ajak Warga Sangkulirang Hadirkan TOGA di Halaman Rumah

134 views
0

Momen Peresmian TOGA. (Foto Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGKULIRANG – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah meresmikan kebun TOGA yang berlokasi dihalaman Kantor Camat Sangkulirang, Senin (22/3/2021). Dalam kegiatan itu Bupati berpesan untuk kembali melakukan kebiasaan orang Indonesia yakni berkebun di halaman rumah untuk menanam tanaman obat-obatan. Mengingat dalam kondisi pandemi ini antisipasi kesiapan obat-obatan harus selalu ada.

Dalam sambutan Ketua TP-PKK Kutim Ny Siti Robiah yang dibacakan oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman mengatakan, untuk seluruh TP-PKK yang ada di kecamatan-kecamatan, agar terus berkoordinasi secara maksimal. Pasalnya TP-PKK adalah ujung tombak kesejahteraan masyarakat yang menjadi patner pemerintah.

“Sebelumnya kita telah meresmikan kebun TOGA yakni singkat dari Tanaman Obat Keluarga. Itu cuman sekedar contoh atau model untuk masyarakat tiru dirumah masing-masing,” jelas orang nomor satu di Kutim tersebut.

Ia menyarankan untuk setiap rumah wajib memiliki TOGA. Karena itu sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Contoh TOGA adalah serai, binahong, bawang tiwai yang merupakan obat-obatan herbal sejak jaman dahulu.

Sebelumnya, Camat Sangkulirang H Rahmat mengutarakan dengan diresmikannya percontohan TOGA tersebut, diharapkan seluruh warga Sangkulirang bisa untuk studi tiru dan menanamkan semua diperkarangan rumah masing-masing. Sebab, tanaman itu bisa menjadi alternatif pengobatan dalam keluarga.

“Dan tidak kalah pentingnya menghidupkan interaksi sesama anggota keluarga, yang muaranya menimbulkan semangat kebersamaan,” ucap camat.

Momen peresmian kebun TOGA Bupati didampingi oleh Wabup Kutim H Kasmidi, Ketua DPRD Kutim H Joni dan camat setempat serta TP-PKK Sangkulirang. (hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here