Beranda Infrastruktur Dihadapan Bupati Kutim, Direksi MBS Bahas Kelanjutan Pengelolaan KEK MBTK

Dihadapan Bupati Kutim, Direksi MBS Bahas Kelanjutan Pengelolaan KEK MBTK

184 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah saat berbincang dengan rombongan PT MBS. Foto: Irfan/Pro Kutim

SANGATTA – Rombongan Perusahaan Daerah (Perusda) PT Melati Bhakti Satya (MBS) dipimpin Direktur Perencanaan Zaini Anwar melakukan siltaurahmi sekaligus membahas kelanjutan pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) ke Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman di Ruang Kerja Bupati Kutim kawasan Bukit Pelangi, Kamis (8/4/2021).

Secara singkat, Zaini Anwar bersama jajarannya bertandang ke Kutim untuk mengenalkan perubahan di struktur Direksi Perusda PT MBS dan momen bersilaturahmi untuk bertukar pikiran mendengarkan masukan dari Bupati Kutim Ardiansyah.

“Kini sudah ada pergantian ke direksi baru yang sudah berjalan di April ini. Ke depan, tentunya akan ada proses kerja sama dengan Pemkab Kutim terkait percepatan operasional KEK MBTK,” urainya.

Ia menambahkan pihaknya tengah menyelesaikan proses izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL)nya di lokasi KEK MBTK. Selanjutnya operasional pelabuhan juga tengah menunggu kabar dari Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

“Kami masih menunggu uji standar oleh Kemenhub sehingga perlu dilakukan koordinasi lebih lanjut dengan BUP terkait pengelolaan atau operator pelabuhan. Jika selesai, tentunya kita bisa segera mengelola sertifikasi BUP,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menegaskan dirinya akan mempelajari dulu terkait kelanjutan operasional KEK MBTK.

“Tentunya saya akan berkoordinasi dulu dengan bagian ekonomi, hukum dan lainnya. KEK MBTK ini inisiasi dari Bupati Kutim pertama Awang Faroek Ishak. Pembangunan dan keberadaan infrastruktur menjadi syarat wajib sebagai daya tarik investor datang dan mau menanamkan modal usahanya di kawasan industri.

“Pemkab Kutim akan terus mengawalnya bersama Pemprov Kaltim karena memang kewenangannya ada di Gubernur Kaltim. Harapannya KEK MBTK segera beroperasi,” tegasnya. (hms13/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini