Beranda Sosial & Kesehatan Launching GJB dan Berbagi, Ardiansyah Sebut Kebersihan Dasar Beribadah

Launching GJB dan Berbagi, Ardiansyah Sebut Kebersihan Dasar Beribadah

70 views
0

Momen kegiatan GJB. (Foto Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim)

SANGATTA – Guna menjaga kebersihan lingkungan dan menggerakan kepedulian masyarakat akan persoalan sampah. Pemkab Kutai Timur (Kutim) bersama Polres Kutim melaunching Gerakan Jum’at Bersih (GJB) dan berbagi. Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (9/4 /2021) pagi ini dipusatkan di halaman Masjid Al Maruqobbah, Jalan Antasari RT 09, Sangatta.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengaku bangga dan berterima kasih, karena program unggulan Polres Kutim sejalan dengan Program Pemkab Kutim yaitu Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yakni mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sebagaimana adanya program pemerintah pusat melalui penghargaan Adipura.

“Kegiatan Jumat bersih, direncanakan dipadu dengan adanya sosialisasi dari masing-masing Instansi dan dinas, sesuai tupoksinya,” bebernya.

Ia menerangkan kebersihan merupakan hal yang paling utama, karena kebersihan adalah dasar untuk beribadah. Kedepan kegiatan GJB, kata dia, akan diteruskan dibeberapa kecamatan oleh pihak kecamatan. Kegiatan GJB ini menyasar MCK Masjid, Paret/Selokan, halaman masjid dan sekitar pemukiman penduduk.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah antusias untuk melaksanakan kegiatan Jumat bersih ini,” ujar orang nomor satu di Kutim tersebut.

Sebelumnya, Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko mengatakan kegiatan GJB dan berbagi yang dilaksanakan oleh Polres Kutim ini, merupakan salah satu program unggulan Polres Kutim dari 10 program unggulan yang ada. Program ini bernama “Bumi Etam” yang berarti Bhayangkara untuk mengabdi dan peduli terhadap masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai pemantik untuk memupuk kebersamaan dan pola hidup bersih dan sehat di era Pandemi,” ucapnya.

Ia berharap kegiatan ini akan memunculkan kemandirian masyarakat dan mulai bangkit kembali dengan semangat gotong royong.

Sementara itu, Ketua RT 09, Desa Sangatta Utara, Sirajang menyambut baik kegiatan GJB. Ia menyampaikan ucapan terima kasih, atas terpilihnya lingkungan RT 09 sebagai tempat untuk acara Launching GJB.

Kegiatan itu, dihadiri Kadis Kesehatan dr Bahrani, Kabag Sumda Polres Kutim Kompol Sukirno, Kasat Bimas Polres Kutim Akp Rina. Kapolsek Sangatta Utara Iptu Yosi, Camat Sangatta Utara M Basuni, Perwakilan PT KPC ibu Yuli. Pimpinan Hotel Royal Victoria ibu Warni dan Masyarakat RT 09 Gg Antasari. Dirangkai pula dengan pemberian bantuan Rumah kompos Komunal oleh pimpinan PT KPC dan pembagian sembako oleh Kapolres Kutim.(hms7/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here