Beranda Entertainment Agustusan di Air Terjun Narkata Kilometer 58, Sangatta Backpacker Bentangkan Bendera Raksasa

Agustusan di Air Terjun Narkata Kilometer 58, Sangatta Backpacker Bentangkan Bendera Raksasa

131 views
0

Kibaran Bendera Merah Putih berukuran 7 x 2 meter dibentangkan di depan air terjun di kawasan PT Narkata Rimba kilometer 58. Foto: Rizal

MUARA WAHAU – Belasan pemuda-pemudi pecinta alam dan budaya dari komunitas Sangatta Backpacker mengibarkan Bendera Merah Putih raksasa berukuran 7 x 2 meter di air terjun kilometer 58 yang masuk dalam kawasan area hutan perusahaan kayu logging PT Narkata Rimba di Desa Benhes Kecamatan Muara Wahau di detik-detik proklmasi HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Selasa (18/8/2021).

Kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang diinisiasi oleh Sangatta Backpacker setiap bulan kemerdekaan yakni agustusan. Sebelumnya, tahun lalu mereka menggelar Upacara Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Beriun Desa Karangan Dalam Kecamatan Karangan di ketinggian 1.261 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Pembina Sangatta Backpacker Novita Rahayu melalui koordinator Rizal mengatakan jika kegiatan yang diikuti sebanyak 24 orang peserta ini bertajuk merdeka dalam jiwa edisi ketiga. Pengibaran tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

“Perjalanan dilakukan selama 2 hari untuk masuk ke lokasi air terjun. Sebelumnya kita melakukan perizinan masuk di pos portal perizinan keamanan PT Narkata Rimba. Hari pertama kita camping (berkemah) di lokasi air terjun. Akses masuknya tidak bisa dilalui dengan kendaraaan roda dua maupun empat jadi harus berjalan kaki selama satu jam memasuki belantara lebatnya hutan Narkata. Di kawasan Narkata, memang banyak sekali ditemukan air terjun di setiap sudutnya,” ungkap Rizal kepada Pro Kutim.

Ia menambahkan timnya memilih lokasi air terjun ini bukan tanpa alasan.

“Air terjun di kilometer 58 menjadi salah satu titik lokasi surga tersembunyi di Muara Wahau. Selama perjalanan kita disajikan hutan yang masih asri, sungai yang bersih hingga keanekaragaman satwa dan tentunya air tejun setinggi hampir 15 meter menjadi daya tarik utama,” ucapnya.

Ia mengaku bersyukur dapat melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih bersama rekan-rekan komunitas Sangatta Backpacker. Apalagi dalam momentum peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

“Tentu harapannya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali serta bisa mengeksplorasi surga-surga tersembunyi di Muara Wahau,” terangnya.

Sebelumnya, Camat Muara Wahau Ashari turut mengapresiasi setiap kegiatan apa pun untuk memajukan pariwisata di Muara Wahau, namun tetap harus mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih di salah satu air terjun di kawasan PT Narkata Rimba ini layak diapresiasi. Ini kegiatan positif untuk menumbuhkan semangat dan rasa nasionalisme khususnya anak muda generasi zaman milenial. Merdeka!,” urainya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here