Beranda Kutai Timur 1.000 Dosis Vaksin Sinovac Disuntikkan ke Pelajar dan Masyarakat Umum

1.000 Dosis Vaksin Sinovac Disuntikkan ke Pelajar dan Masyarakat Umum

76 views
0

Ratusan pelajar dan masyarakat umum rela mengantre untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Aula Indoor Gedung PKK Kutim. Foto: Irfan Pro Kutim

SANGATTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur (Kutim) terus bergerak cepat menyasar seluruh sasaran vaksinasi Covid-19 terpenuhi di Kutim sesuai target guna mempercepat herd immunity (kekebalan komunal). Terbaru, Dinkes Kutim menggelar kegiatan vaksinasi pertama untuk pelajar dan dosis kedua untuk masyarakat umum yang sebelumnya sudah melakukan vaksinasi dosis pertama.

Kegiatan vaksinasi dipusatkan di Aula Indoor Gedung PKK Bukit Pelangi selama dua hari mulai Rabu (8/9/2021) dan Kamis (9/9/2021).

Kepala Dinkes Kutim dr Bahrani Hasanal mengatakan jika vaksinasi pertama untuk pelajar dilakukan sebagai langkah persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Status Kutim sendiri kini sudah turun memasuki PPKM Level 3.

“Ada 1.000 dosis vaksin Sinovac yang disuntikkan ke para pelajar. Untuk SMP mendapat jatah 200 vaksin, SMA 400 vaksin, kemudian mahasiswa mendapat 100 vaksin,” ucapnya.

“Vaksinasi ini selanjutnya akan terus digelar berkelanjutan agar target vaksinasi yang diminta pemerintah dapat dipenuhi secara merata ke seluruh sasaran,” bebernya.

Ia menegaskan vaksin yang sudah disuntik ke pelajar bisa membuat herd immunity tercapai 100 persen pelajar di Kutim sebelum PTM diberlakukan.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P3M) Dinkes Kutim Ahsan Zainuddin mengutarakan dari 1.000 dosis vaksin Sinovac yang disuntik hari ini, khusus sisa 300 dosis diperuntukkan untuk masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksin dosis kedua.

“Syarat untuk vaksin kedua yakni 28 hari setelah melakukan vaksin pertama dan dibuktikan dengan menunjukkan kartu vaksin pertama serta membawa fotokopi KTP. Dalam vaksinasi ini, kita juga memperketat pengamanan dengan bekerja sama dengan Polres Kutim dan Satpol PP. Protokol kesehatan (prokes) kita benar-benar jaga,” tegasnya. (hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here