Beranda Kutai Timur Kodim 0909/Kutim Siap Amankan Pilkades !

Kodim 0909/Kutim Siap Amankan Pilkades !

27 views
0

SANGATTA – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kutai Timur (Kutim) yang akan di gelar pada 18 Oktober 2021, tinggal menghitung hari. Persiapan dalam berbagai aspek sudah hampir mendekati final. Termasuk persiapan terkait pengamanan. Jajaran Kodim 0909/Kutim yang bakal terlibat untuk menjaga kondusifitas pesta demokrasi tingkat desa inipun sudah mematangkan persiapan.

“Kami (Kodim 0909/Kutim) sudah menyiagakan 128 Babinsa, guna mengamankan jalannya proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak ini,” tegas Dandim 0909/Kutim Letkol CZI Heru Aprianto kepada puluhan awak media di kantornya, Jumat (15/10/2021).

Ratusan Babinsa tersebut nantinya akan mengawal Pilkades di 64 desa se-Kutim. Sebagai langkah preventif, Dandim juga telah melakukan pemetaan tingkat kerawanan di desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Dari hasil pemantauan untuk pemetaan, di Kutim ada sekitar 3 persen desa yang memiliki resiko kerawanan pada gelaran Plikades 2021 ini.

“Tapi kami telah melaksanakan pemetaan dan  pencegahan terkait kemungkinan ada gangguan,” ucap Heru.

Daerah-daerah yang digambarkan memiliki potensi kerawanan ini tentunya akan diberi perhatian khusus. Pihaknya bakal menambah personel guna mengantisipasi kemungkinan terjadi kerawanan. Selain itu, jajaran Kodim 0909/Kutim terus mengedukasi masyarakat maupun para peserta Pilkades untuk turut berperan aktif menjaga kondusifitas. 

“Mengingat pasta demokrasi ini untuk kepentingan kita bersama,” katanya mengingatkan.

Heru manambahkan, pada praktiknya di hari H nanti, personel Kodim tidak akan bekerja sendiri. Melainkan bersinergi dengan jajaran Polres Kutim, Lanal Sangatta serta Pemkab Kutim selaku panitia Pilkades. 

Namun secara umum dirinya tetap yakin, pelaksanaan Pilkades di seluruh Kutim akan berlangsung lancar dan sukses. Dalam situasi keamanan yang kondusif. (hms8/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here