Beranda Pemerintahan AS-KB Optimis, Bertahap Pembangunan Terealisasi Sesuai Target

AS-KB Optimis, Bertahap Pembangunan Terealisasi Sesuai Target

83 views
0

Kasmidi saat Ekspose Hasil Pembangunan satu Tahun Pemerintahan ASKB diruang Meranti foto Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim

SANGATTA- Optimisme membangun sesuai visi misi “Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua” akan terwujud sesuai target, terus diyakini pasangan Bupati H Ardiansyah dan Wabup H Kasmidi Bulang (AS-KB). Walaupun mesti diakui saat ini masih banyak program pembangunan yang belum maksimal. Keyakinan dimaksud disampaikan Wabup Kasmidi Bulang menambahkan paparan Bupati saat Ekspose Hasil Pembangunan Satu Tahun AS-KB yang digelar di ruang Meranti, Kantor Bupati, Rabu (2/2/2022).

“Walaupun masih kondisi pandemi (COVID-19), kita mampu merealisasikan program yang sudah ada secara bertahap dan sebagai wujud komitmen kami (ASKB) untuk menyelesaikan,” jelasnya.

Secara umum Kasmidi menjelaskan 7 program strategis yang menjadi prioritas pembangunan bersama Bupati Ardiansyah Sulaiman. Katanya, perlahan tapi pasti target pembangunan akan terwujud didukung sepenuhnya oleh semua stakeholder. Termasuk dukungan  masyarakat Kutim. Orang nomor dua di Pemkab Kutim tersebut mengatakan, program infrastruktur merupakan salah satu bidang yang sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebagai salah satu upaya pemerataan pembangunan di 18 kecamatan yang ada. 

“Di tahun (2021) kemarin, sebanyak 10.500 lahan sudah tersertifikasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN). Merupakan program sertifikasi lahan, sebagai upaya mendukung kapasitas lahan masyarakat yang ada di Kecamatan Sangatta Selatan, Kecamatan Teluk Pandan serta Kecamatan Muara Wahau,” jelasnya.

Hal yang tidak boleh dilupakan menurutnya adalah perbaikan dan peningkatan gang, jembatan dan jalan antar kecamatan. Sebagai bagian dari program prioritas yang masuk dalam bidang infrastruktur. Termasuk antara lain peningkatan jalan lingkungan berupa semenisasi jalan antar kecamatan dan Gang pada 2021 sepanjang 13 kilometer (Km)

“Serta peningkatan kualitas jalan yang sebelumnya masih tanah sepanjang 59 Km,” urainya.

Selanjutnya, rehabilitasi serta pembangunan  jembatan dengan konstruksi beton sepanjang 37,7 Km dan pembangunan jembatan kontruksi kayu sepanjang 500 meter. Rehabilitasi rumah layak huni juga menjadi salah satu capaian program keberhasilan pembangunan Pemkab Kutim pada 2021. Sebanyak 1.028 hunian masyarakat yang tersebar di 18 Kecamatan. Program tersebut menjadi upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas warganya. Agar hidup lebih sejahtera. Pembangunan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan bantuan keuangan (bankeu). Kemudian, pembangunan instalasi pengelolaan air limbah komunal sebanyak 4 unit. 

“Peningkatan jalan kabupaten dengan hotmix beton sepanjang 7,1 Km dengan menggunakan DAK dan pemeliharaan jalan kabupaten sepanjang 26,4 Km dengan metode swakelola,” jelasnya.

Kemudian sebagai daya dukung sektor pertanian yang juga menjadi bagian dari misi pembangunan daerah, sepanjang 2021 Pemkab Kutim membangun 5 embung (penampung air tawar) yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kutim. Dengan kondisi curah hujan yang cukup tinggi, Pemkab juga melakukan normalisasi 8 sungai, sebagai upaya mengantisipasi potensi banjir. Berikutnya mendukung program “Kutim Merdeka Signal” dilakukan penyedian jaringan internet desa yang masuk skala prioritas Pemkab. Sepanjang tahun lalu, sebanyak 72 desa yang tersebar di 18 kecamatan tersentuh program ini.

“Sesuai janji kita (ASKB) saat kampanye, kini masyarakat sudah  bisa menikmati layanan (internet) tersebut dan sisanya di tahun (2022) ini akan segera kita selesaikan,” pungkasnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here