Beranda Pemerintahan 40 Kapal Feri Siap Perlancar Arus Lebaran di Pesisir

40 Kapal Feri Siap Perlancar Arus Lebaran di Pesisir

40 views
0

Kasi Angkutan Sungai dan Penyebrangan Soleram. Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim

SANGATTA- Dinas Perhubungan Kutai Timur (Dishub Kutim) memastikan kesiapan prasarana dan sarana angkutan penyeberangan di Pelabuhan Sangkulirang. Sekaligus memastikan bahwa angkutan lebaran Idul Fitri tahun ini memadai. Maksudnya agar perjalanan masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi laut pada masa mudik lebaran di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini tetap berjalan lancar, aman dan selamat.

“Kami menyiapkan kapal Feri khusus untuk roda 4 atau lebih sebanyak 14 unit. Kapal angkutan orang (speed boat) 30 unit serta kapal untuk angkutan sepeda motor 20 unit,” ujar Kepala Dishub Kutim melalui Kasi Angkutan Sungai dan Penyebrangan Soleram saat di temui awak media, Selasa (26/4/2022).

Soleram menjelaskan, pihaknya memperkirakan di Sangkulirang dan pesisir Kutim terdapat potensi peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan pada periode lebaran tahun ini. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya larangan mudik oleh Pemerintah seperti yang terjadi di tahun sebelumnya selama hari libur cuti bersama. Di Sangkulirang, mayoritas pengguna moda transportasi laut merupakan karyawan perusahaan yang ada di sekitar kecamatan. Soleram menyarankan agar masyarakat bisa mengatur perjalan mudik sedini mungkin. Jajaran Dishub memprediksi, puncak arus mudik bakal terjadi pada 29 dan 30 April 2022 atau H-3 dan H-2 Hari Raya Idul Fitri.

Sebagai upaya peningkatan keamanan dan keselamatan penumpang, pihaknya telah menerjunkan personel untuk melakukan pengecekan semua armada angkutan umum. Serta melakukan sosialisasi terkait aturan penyeberangan kepada semua awak kapal yang akan melayani angkutan lebaran tahun ini. Di dermaga yang melayani rute Pridan, Tanjung Manis, Pengadan, Karangan, Tungkap, Mandu Dalam, Mandu luar, serta Kaubun. Pengecekan rinci hingga pemeriksaan jaket keselamatan, Lifebouy Ring Boat, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta memastikan dokumen kapal masih berlaku dan lengkap.

“Kami harap masyarakat tetap mengikuti aturan serta arahan personel kami di lapangan, serta tidak mengabaikan protokol kesehatan demi keselamatan diri sendiri dan orang lain,” tegasnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here