Momen Ketua Koperasi Produsen Taruna Bina Mandiri Priyanto saat mengikuti pameran ITTIE di Batam bersama DPTPH Kaltim. Foto: ist

BATAM – Kabar baik datang dari Priyanto, petani sekaligus Ketua Koperasi Produsen Taruna Bina Mandiri asal Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutim yang mengikuti kegiatan pameran Indonesia Tourism and Trade Investment Expo (ITTIE) di Nagoya Hill Shopping Mall, Kota Batam mulai Kamis (16/6/2022) hingga Minggu (19/6/2022) mendatang.

Kepada Pro Kutim, Priyanto menuturkan, dirinya bersyukur mendapat dukungan bersama Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim menampilkan produk pameran, pisang kepok grecek baru saja mendapatkan total transaksi Rp 37,4 miliar.

“Alhamdulillah bisa mempromosikan sekaligus memasarkan hasil pertanian dari Kutim dan mencatatkan hasil yang maksimal. Dengan mendapatkan kontrak kerja sama perdagangan dengan Benelux Flowers and Food Pte selama 2 tahun,” jelasnya. 

Selanjutnya, momen ini tentunya menambah market baru dengan tidak mengurangi kuota pisang kepok yang beredar di Sangatta, Samarinda dan Balikpapan. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Kepala DPTPH Kaltim yang telah memfasilitasi dengan mengikuti kegiatan di Batam. Adapun pasokan pisang kepok, akan diambil dari Kecamatan Kaliorang, Sangkulirang, Kaubun dan Karangan. 

“Ketika permintaan pasar sudah jelas yang dipersiapkan selanjutnya adalah ketersediaan stok bahan baku,” tegasnya. 

Sebelumnya Kepala DPTPH Kaltim Siti Farisyah Yana melalui Kasi Pasca Panen Pengolahan Hasil dan Pemasaran Hortikultura Suprianto mengutarakan, pihaknya terus mendukung agar usaha pisang kepok ini mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Hasilnya tentunya untuk kesejahteraan petani serta menambah sumber PAD Kaltim dari sektor pertanian,” terangnya.

Harapan tersebut tidak hanya bersandar pada pisang kepok yang menjadi market mancanegara, tetapi masih ada produk jahe gajah, nanas mahkota, buah naga dan pepaya california. 

Untuk diketahui, DPTPH Kaltim dalam pameran ini menampilkan produk-produk hasil pertanian hortikultura seperti buah naga, buah pepaya california, buah nanas, buah pisang kepok grecek, jahe gajah dan produk turunannya yang sudah ada di displai. Berikutnya yang tidak kalah menariknya lagi selain produk hortikultura masih ada unggulan lainnya yaitu beras organik Mayas Borneo. (*/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here