Beranda Kutai Timur BKPP Segera Gelar Job Fit dan Seleksi JPTP – Isi Enam Jabatan...

BKPP Segera Gelar Job Fit dan Seleksi JPTP – Isi Enam Jabatan Kosong Lingkup Pemkab Kutim

151 views
0

SANGATTA- Dilingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) saat ini masih ada beberapa posisi jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang masih kosong. Menyikapi jabatan setingkat esselon 2 yang masih kosong tersebut, Bupati Kutim H Ardiansyah menegaskan akan segera melanjutkan proses seleksi terbuka. Agar jabatan-jabatan dimaksud tidak terlalu lama kosong. Sehingga mekanisme pelayanan disetiap OPD yang belum memiliki Pimpinan Tinggi Pratama definitif tidak terkendala.

“Mudah-mudahan dalam waktu satu atau dua bulan ke depan sudah kita mulai tahapan seleksi (JPTP),” tegas Ardiansyah didampingi Wabup Kasmidi Bulang, Seskab Rizali Hadi dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim Misliansyah, usai pelantikan empat pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Ruang Meranti, Kantor Sekretariat Kabupaten Kutim, Selasa (21/6/2022).

Kepala BKPP Kutim Misliansyah menambahkan pihaknya saat ini bakal langsung bersiap kembali menggelar seleksi JPTP untuk mengisi posisi esselon 2 yang kosong. Seperti Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum. Berikutnya Kadis Perhubungan serta Kadis Pendidikan. Termasuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga yang naik kelas, sehingga jabatan direktur harus diisi pejabat setingkat esselon 2.

“Rencananya kami (BKPP Kutim) dalam waktu dekat akan melaksanakan Job Fit JPT Pratama. Job Fit ini adalah seleksi untuk mengisi antar JPT Pratama (sesama pejabat esselon dua),” kata Ancah, sapaan karib Misliansyah.

Setelah itu dilaksanakan, barulah akan dilanjutkan untuk pelaksanaan seleksi terbuka JPTP yang sifatnya promosi. Dia bersama tim Badan Pertimbangan Jababatan dan Kepangkatan (Baperjakat) menargetkan seluruh posisi jabatan JPTP yang kosong berikut pejabat setingkat esselon 3 dan 4  akan terisi di tahun ini juga.

Dia menjelaskan lebih detail terkait mekanisme Job Fit. Menurut dia untuk proses Job Fit yang dikhususnya bagi sesama pejabat esselon 2 tidaklah serumit dibandingkan seleksi terbuka JPTP yang sifatnya promosi. Tak memakan waktu lama dan tidak melalui banyak tahapan. Intinya mutasi pejabat diantara sesama esselon dua tidak otomatis seperti dahulu. Tapi harus melewati seleksi uji kompetensi bernama Job Fit.

“Tetapi tetap harus bersurat ke Komite ASN dulu,” ujarnya. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here