Beranda Kutai Timur Aktif Perangi P4GN, Kutim Raih Penghargaan BNNP Kaltim

Aktif Perangi P4GN, Kutim Raih Penghargaan BNNP Kaltim

117 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat menerima penghargaan dari Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Wisnu Andayana. (Irfan Pro Kutim)

SAMARINDA – Hasil kerja keras Pemkab Kutai Timur (Kutim) dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kutim menorehkan prestasi dalam memerangi narkoba. Baru saja mengikuti puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Kabupaten Badung Provinsi Bali melalui virtual zoom di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Senin (27/6/2022), Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman pun mengapresiasi positif.

“Alhamdulillah, Kutim bisa mendapatkan penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim yakni instansi atau lembaga yang berperan aktif dalam kegiatan percepatan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta prekursor narkotika (P4GN). Hal ini memang sudah dibuktikan Kutim sesuai dengan tema yang diangkat dalam HANI 2022 yakni Kerja Cepat Kerja Hebat, Berantas Narkoba di Indonesia,” tegasnya ditemui Pro Kutim.

Ardiansyah menegaskan sinergitas bersama BNK Kutim sudah berjalan baik dan optimal contohnya saja secara rutin menggelar tes urin ke seluruh ASN dan TK2D di lingkungan Setkab dan OPD Kutim. Kemudian bersama instansi Polres Kutim dan LSM juga aktif bersosialisasi menjalankan P4GN ini. Ke depan, Pemkab Kutim terus mendorong BNK Kutim menjadi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK).

“Jika berada di level BNNK seperti upaya penanganan, pencegahan dan pengungkapan peredaran narkoba di wilayah Kutim bisa lebih maksimal,” bebernya.

Senada, Ketua Pelaksana Harian BNK Kutim Sarwono Hidayat menegaskan juga menyambut baik hasil penilaian BNNP Kaltim untuk Kutim. Pasalnya Kutim terus konsisten dalam perang terhadap narkoba, salah satunya rutin menggelat tes urin di lingkungan Setkab dan OPD di Kutim hingga ke perusahaan.

“Ini bukti kami sudah menjalankan poin-poin arahan BNNP seperti pemberantasan, pemulihan hingga target operasi. Hasilnya sebagai pemicu vertikalisasi (keberadaan) BNK dalam memberantas narkoba,” ulasnya.

Ke depan, BNK Kutim akan mengawal perencanaan pembangunan gedung rehabilitasi.

“Ini yang kita impikan agar bisa terwujud dilaksanakan di Kutim dan selama ini diambil Instansi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Rehabilitasi Narkoba Kaltim,” jelasnya.

Kemudian, dengan adanya momen HANI 2022 bisa lebih dievaluasi Kutim dan hal yang pertama BNK Kutim sudah menyiapkan lahan seluas 2 hektare untuk bisa membangun gedung rehabilitasi dengan menggunakan anggaran CSR PT Kaltim Prima Coal (KPC).

“Prosesnya sudah tahap sertifikasi dan pematangan lahan. Lokasinya sangat strategis berada di dekat deretan Kantor Satpol PPK Kutim kawasan Bukit Pelangi,” ujarnya.(kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here