Beranda Celebrity News Tak Hanya Menarik, Duta Budaya Kutim Harus Cerdas

Tak Hanya Menarik, Duta Budaya Kutim Harus Cerdas

114 views
0

Handi Wijaya sebagai Putra Duta Budaya Kutim dan Dera Fiorentina Agatha sebagai Putri Budaya Kutim . Foto: Wahyu Yuli Artanto Pro Kutim

SANGATTA- Terpilihnya Handi Wijaya sebagai Putra Duta Budaya Kutim dan Dera Fiorentina Agatha sebagai Putri Budaya Kutim mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Termasuk Kepala Bidang Kesenian Tradisi dan Perfilman Dinas Kebudayaan Kutim, Hendra Ekayana selaku Ketua Panitia. Hendra menjelaskan Dera merupakan finalis ke 12 perwakilan dari SMA Negeri 1 Kecamatan Kongbeng, sedangkan Handi Wijaya finalis ketiga merupakan perwakilan dari Stiper Kutim, Sangatta. Sebelumnya para finalis ini mengikuti seleksi dan tahapan demi tahapan.

Selain mengucapkan selama kepada para pemenang, Hendra berharap melalui ajang pemilihan ini, generasi muda tak melupakan budaya sendiri ditengah gempuran budaya asing. Kepada Duta Budaya dia berpesan agar mampu menjadi sosok terdepan. Dalam memahami, memperkenalkan hingga menjadikan budaya sebagai jati diri.

“Tidak hanya sebatas mengandalkan kecantikan dan kemolekan tubuh, tetapi juga harus diimbangi dengan kecerdasan, kepribadian dan kemampuan diri,” pesan Hendra.

Berikutnya banyak memahami dan mengetahui tentang budaya asli Indonesia. Semua itu mesti diimbangi dengan kualitas kepribadian yang baik dan kemampuan yang mumpuni. Para juara diminta untuk berani berkompetisi ke tingkat yang lebih tinggi dan berkarya. Artinya proses belajar mesti berjalan terus menerus. Sebagai bentuk pengembangan diri dan persiapan menghadapi pemilihan Duta Budaya Provinsi Kaltim akhir Juli 2022 ini. Dalam hal lain tentunya melalui karya bisa memberikan kontribusi lebih baik untuk daerah. Sebagai panutan bagi generasi muda dan calon Duta Budaya di masa datang. Khususnya demi pemajuan kebudayaan di Kutim.

Ditambahkan olehnya sebagai bentuk apresiasi kepada para pemenang Duta Budaya Kutim 2022 berbagai kategori, panitia juga menyiapkan tropi, piagam hingga uang pembinaan. Masing-masing untuk juara putra putri. juara 1 Rp 2,5 juta, juara 2 Rp 2 juta, juara Rp 1,5 juta, juara 4 Rp 1 juta. Kemudian juga ada hadiah untuk Duta Intelegensia sebesar Rp 1 juta. Duta Favorit, Best Performance, Berbakat hingga Duta Persahabatan masing-masing mendapat Rp 750 ribu. Melibatkan BRI sebagai pendukung acara. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here