Beranda Kutai Timur Tingkatkan Minat Baca, TP-PKK Kutim Sosialisasikan Gerakan Membaca 30 Menit

Tingkatkan Minat Baca, TP-PKK Kutim Sosialisasikan Gerakan Membaca 30 Menit

52 views
0

Foto : Momen Ketua TP-PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah pada acara sosialisasi

SANGATTA- TP-PKK Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Kelompok Kerja (Pokja) 2  menggelar sosialisasi gerakan wajib membaca minimal 30 menit, Selasa (12/07/2022). Kegiatan yang bertujuan meningkatkan minat baca ini di buka Ketua TP-PKK Kutim Ny Hj Siti Robiah, di Gedung Wanita, Bukit Pelangi. Diikuti seluruh kepala sekolah serta guru TK/PAUD, SD/MI se-Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. 

Pada kesempatan ini, Siti Robiah menjelaskan tentang pentingnya budaya membaca bagi anak-anak usia dini hingga orang dewasa. Untuk meningkatkan kualitas serta kemampuan dalam mengembangkan diri maupun bersosialisasi. Serta sebagai bekal masa depan di segala bidang dalam setiap  lini kehidupan.

“Harapannya agar para guru juga bisa membantu menyampaikan gerakan (membaca 30 menit) ini ke wali murid siswa, supaya bisa menyebar,“ terang Siti Robiah yang juga Bunda PAUD Kutim.

Dijelaskan olehnya berdasarkan data UNESCO, minat membaca orang Indonesia hanya 0,001 persen atau diantara 1000 orang hanya ada 1 saja yang rajin membaca. Sehingga diperlukannya sebuah gerakan untuk meningkatkan minat dan budaya membaca bagi orang-orang Indonesia. 

“Kalau gerakan ini bisa terus di praktikan secara terus menerus, bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Membaca merupakan pintu ilmu pengetahuan,“ jelasnya.

Lebih jauh, dirinya menerangkan, sosialisasi ini sekaligus untuk melakukan evaluasi dan mengetahui secara spesifik permasalahan yang dihadapi di lapangan. Terutama dari para guru sebagai salah satu ujung tombak, untuk mengetahui minat baca yang masih sangat rendah.

“Dengan gerakan (membaca minimal 30 menit) ini diharapkan menjadi budaya yang terus dilakukan. Sehingga mampu mencetak generasi yang lebih bermutu, baik dari sisi pengetahuan serta  kemampuan-kemapuan lainnya,“ pungkasnya. (kopi6/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here