Beranda Kutai Timur Peringatan HUT RI dan Hari Jadi Kutim Bakal Libatkan UMKM -Bentuk Pemberdayaan...

Peringatan HUT RI dan Hari Jadi Kutim Bakal Libatkan UMKM -Bentuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

70 views
0

Foto Wakil Bupati saat memimpin rapat.

SANGATTA- Rencana perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2022, serta hari jadi ke-23 Kabupaten Kutai Timur (Kutim), mulai dimatangkan. Melalui rapat koordinasi di Ruang Arau Kantor Bupati, Selasa (19/7/2022), berbagai hal terkait pelaksanaan dua agenda dimaksud dibahas. Rapat dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang didampingi Sekretaris Kabupaten (Seskab) Rizali Hadi. Hadir mengikuti rapat antara lain Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, perwakilan Kodim 0909 Kutim dan Polres Kutim serta beberapa perwakilan OPD lainnya.

Dalam rapat tersebut Wabup Kasmidi Bulang mengarahkan agar perayaan ini turut melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebagai bagian dari proses pemberdayaan ekonomi kerakyatan sekaligus media promosi. 

“Mari kita libatkan pelaku UMKM dalam perayaan ini, guna mengangkat potensi dan daya saing ekonomi masyarakat. Sekaligus ajang promosi bagi produk lokal. Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo. Dalam setiap kesempatan beliau menghadiri pameran atau expo di daerah-daerah,” ujar Kasmidi. 

Selain pemberdayaan ekonomi lokal, Kasmidi Bulang juga berharap, pelaksanaan peringatan HUT RI dan Kutim dapat direncanakan sebaik-baiknya agar berjalan lancar. Dia meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab harus terlibat dalam kegiatan ini. Rencana dan program kegiatan yang menjadi rangkaian acara harus disusun mulai dari sekarang.

“Kemudian sampaikan ke sekretariat panitia di Bagian Pemerintahan agar diinventarisir, sehingga tidak tumpang tindih,” sarannya. 

Ia juga mengingatkan seluruh unsur masyarakat dan perusahaan yang ada di Kutim untuk mulai memasang bendera sejak 1-31 Agustus 2022. Kemudian memasang umbul-umbul, poster, spanduk, baliho dan hiasan lainnya. sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sekretariat Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 mengenai Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022, yang diterbitkan 12 Juli 2022. Peringatan HUT ke-77 RI di 2022 ini mengusung tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here