Beranda Pendidikan Tempati Gedung Baru, SMPN 3 Teluk Pandan Langsung Geber Layanan Pendidikan

Tempati Gedung Baru, SMPN 3 Teluk Pandan Langsung Geber Layanan Pendidikan

26 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam momen dibukanya gedung baru SMPN 3 Teluk Pandan. Foto: irfan/pro kutim

TELUK PANDAN – Gedung baru SMPN 3 yang berada di Jalan Pendidikan Poros Bontang Sangatta Km 26 di Desa Kandolo, Kecamatan Teluk Pandan langsung tancap gas melakukan kegiatan pendidikan, setelah menempati gedung yang baru. Peresmian pemakaian gedung dimaksud dilakukan Bupati Kutim H Ardiansyah ditandai pengguntingan pita, Kamis (21/7/2022). 

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam arahannya menegaskan bahwa momen ini jadi bukti kemajuan dunia pendidikan. Dengan adanya pembangunan gedung baru SMPN 3 Teluk Pandan. 

“Ini sangat luar biasa, sekolahnya ada di poros jalan nasional. Adanya gedung baru SMPN 3 Teluk Pandan tentunya akan menambah motivasi pelayanan pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak kita yang belajar. Karena anak-anak ini aset kita, masa depan Kutim,” tegasnya disaksikan  Plt Kepala Disdik Kutim Irma Yuwinda dan jajaran, Plt Camat Teluk Pandan Anwar, Kepala SMPN 3 Teluk Pandan Rusmina Siregar dan sejumlah undangan yang hadir di depan Gedung SMPN 3 Teluk Pandan.

Ia pun juga mengapresiasi bantuan anggaran pembangunan dari beberapa stakeholder seperti dari PT Indominco Mandiri (IMM) dan swadaya masyarakat dalam pembangunan gedung SMPN 3 Teluk Pandan.

“Terima kasih atas bantuan ini, ke depan dengan luas 1,3 hektare kawasan di sekitar sekolah ini bisa dikembangkan. Salah satunya dengan land clearing (pembersihan lahan) tanah yang dibuat rapi. Nanti kita lihat, jika ini sudah jalan, tentunya Pemkab Kutim akan membantu peningkatan infrastruktur. Yaitu penambahan ruangan kelas dengan APBD Perubahan Kutim,” ulasnya pada acara yang diawali dengan dua tarian tradisional sebagai bentuk penyambutan.

Hasilnya dalam perjalanan, layanan pendidikan di SMPN 3 Teluk Pandan harus oke. Karena ditunjang infrastruktur yang siap. Karena lahan berdirinya sekolah ini juga sudah dihibahkan dan ada sertifikatnya. Untuk itu, tugas utama Disdik bisa mengawal aset ini. 

“Saya ucapkan selamat atas perpindahan SMPN 3 Teluk Pandan ke gedung yang baru ini. Saya harapkan juga tahun depan, rombongan belajar (rombel) bertambah karena banyak anak-anak yang bisa masuk ke SMPN 3 ini,” terang Ardiansyah yang datang mengenakan kemeja batik lengan panjang.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Teluk Pandan Rusmina Siregar melaporkan, awalnya sekolah ini merupakan filial sejak 10 tahun yang lalu. Pada 5 Juli 2018 keluar izin operasional untuk menggelar kegiatan pendidikan berdasarkan SK Bupati Kutim. Selanjutnya ada permohonan bantuan gedung dan akhirnya dibangun pada 2020 hingga di 2022 bisa digunakan. Kemudian pada 21 Juni 2022 sudah ada dua ruangan belajar dan satu kantin yang dibangun. Pada 18 Juli 2022 sebanyak 94 orang siswa-siswi SMPN 3 Teluk Pandan sudah mulai belajar. 

Ia pun mengucapkan terima kasih, khususnya kepada pihak IMM yang sudah membantu terbangunnya gedung baru SMPN 3. Tentunya perhatian Disdik Kutim juga mengawal dalam perjalanan hingga proses berdirinya sekolah baru ini. 

“Fasilitas sekolah ini juga sudah standar untuk melayani kegiatan pendidikan. Intinya kami siap dan bekerja keras sebagai pemangku kepentingan untuk terus memajukan sekolah ini. Hingga tahun depan ada tambahan 40 siswa yang sudah mendaftar dari 30 kuota siswa tahun ini. Karena didukung aksesnya gampang di pinggir jalan,” ujarnya disaksikan undangan dan para mahasiswa KKN Stiper Kutim yang juga hadir. (kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here