Momen pembukaan LCC oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman. (Wahyu Pro Kutim)

SANGATTA – Meski pembangunan pendidikan tak langsung menjadi tupoksi utama TNI, namun jajaran Kodim 0909 Kutim tetap menaruh perhatian terhadap sektor ini. Salah satu kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk dukungan membentuk generasi yang cerdas yakni dengan menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Dandim 0909 Cup 2022. LCC yang diikuti puluhan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini di langsungkan di Aula Makodim 0909 Kutim, Rabu (27/7/2022)

Bekerja sama dengan Disdik Kutim, LCC ini bertema “Bela Negara dan Pengetahuan Agama Islam Tingkat SMP/Sederajat Kutai Timur”. Dibuka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman ditandai dengan pemukulan gong.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi LCC yang diinisasi Dandim 0909/Kutim. Sebab di Kutim, pascapandemi COVID-19 belum pernah ada kegiatan serupa. Kegiatan ini juga sebagai penyegaran kembali bagi para siswa-siswi SMP yang mulai memasuki ajaran baru. Khususnya materi bela negara yang memang tak semuanya dipelajari di sekolah.

“Oleh karenanya, ini menjadi momen baik dan positif. Karena persoalan di lapangan, banyak sekali anak-anak kita tidak mempelajarinya (pelajaran bela negara) di kelas,” jelas Ardiansyah dihadapan Ketua DPRD Kutim Joni, Wabup Kasmidi Bulang, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Waka Polres Kompol Damus Asa, para guru, Plt Kepala Disdik Kutim Irma Yuwinda, Camat Sangatta Utara Hasdiah, peserta LCC dan undangan lainnya.

Ia berharap sesudah tema ini, ke depan ada LCC dengan tema yang mengikuti zaman. Diantaranya persoalan COVID-19 dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. Pasalnya tema-tema itu tak termuat dalam pelajaran siswa di kelas.

“Dengan diberikan materi-materi tersebut, mereka bisa memahami. Menjadi momen terbaik bagi mereka Dandim Cup ini luar biasa,” kata orang nomor satu di Pemkab Kutim itu.

Sementara itu, Dandim 0909/Kutim Letkol Czi Heru Aprianto mengatakan LCC kali ini berlangsung selama dua hari, 27-28 Juli 2022. Melibatkan 32 tim SMP dari Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon, Teluk Pandan dan Rantau Pulung. Dibagi menjadi 16 tim bertanding dengan kepahaman bela negara dan 16 tim berlaga dengan pengetahuan agama Islam.

“Kita mempersiapkan tim yang mewakili Kutai Timur, khususnya dalam rangka cerdas cermat Bela Negara dan Pengetahuan Agama Islam yang akan digelar di tingkat provinsi kembali, bernama Danrem Cup,” ujarnya.

Ia berharap tim yang dihasilkan ini dapat memberikan potensi luar biasa saat terpilihnya mereka mewakili Kutim nantinya. (kopi7/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here