Beranda Entertainment Meriahkan HUT RI di Kutim, Pemkab Gelar Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar

Meriahkan HUT RI di Kutim, Pemkab Gelar Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar

81 views
0

Rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Bupati Kasmidi Bulang, selaku Ketua Umum Panitia HUT ke 77 RI di Ruang Arau, Kantor Bupati. (Vian Pro Kutim)

SANGATTA – Menyemarakkan HUT ke-77 RI, berbagai lomba digelar oleh pemerintah, masyarakat maupun swasta, di desa maupun kota. Jenis lomba juga beragam, tradisional maupun yang modern. Pada tahun ini Pemkab Kutim melalui Disdik Kutim akan menggelar

Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar. Dengan mengusung tema “Merdeka Belajar, Untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Lomba tersebut akan digelar pada Minggu, 28 Agustus 2022 dengan memperebutkan Trofi, sejumlah uang pembinaan serta jersei (khusus bagi pemenang). 

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Bupati Kasmidi Bulang, selaku Ketua Umum Panitia HUT ke 77 RI di Ruang Arau, Kantor Bupati pada Kamis (18/8/202), dibahas beberapa perihal. Seperti penjurian dan sistem skoring agar berlangsung adil. Guna mengantisipasi komplain dari peserta lomba. 

“Biasanya dalam lomba seperti ini, seluruh peserta pasti sudah menyiapkan diri sebaik-baiknya. Jadi jangan sampai sistem skoring (penilaian) tidak netral dan juri harus independen. Ini bukan hanya soal  menang kalah, tapi gengsi. Jadi, saya harap jangan ada bias usai lomba ini,” tegas Kasmidi. 

Dia memonta agar panitia menyiapkan dokumentasi, sebagai alat bukti bagaimana performa setiap peserta. Sehingga kalau ada peserta yang komplain hasil penjurian, panitia bisa menjawab dengan data.

Sebelumnya, Plt Kadisdik Kutim Irma Yuwinda selaku penanggung jawab Lomba Gerak Jalan Merdeka Belajar menjelaskan bahwa kategori lomba terbagi beberapa tingkatan. Yakni SD sederajat, SMP sederajat, SMA dan Perguruan Tinggi, instansi pemerintah serta kategori umum. Tiap tim terdiri dari 22 orang dan pendaftaran peserta akan berakhir pada Rabu ini.

“Pendaftaran tidak dipungut biaya, bisa melalui online (daring) maupun datang langsung ke Kantor Dinas Pendidikan di Bukit Pelangi dan ditutup pada Rabu, (24/8/2022),” jelasnya. 

Dia menambahkan tiap tim boleh terdiri dari khusus putra maupun putri atau campuran. Setiap peserta tidak lebih dari 21 orang. Sedangkan rute lomba diawali dari depan SMPN 1 Sangatta Utara Jalan Abdul Wahab Syahranie dan berakhir di Kantor Camat Sangatta Utara. 

“Kategori penilaian terdiri dari keserasian kostum, kerapian, kekompakan, kreativitas dan ketepatan waktu,” jelasnya. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here