Beranda Kutai Timur Komnasdik Kutim Dilantik – Ikut Berkontribusi Majukan Pendidikan

Komnasdik Kutim Dilantik – Ikut Berkontribusi Majukan Pendidikan

227 views
0

SANGATTA- Pengurus Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) masa bakti 2022-2027 resmi dilantik oleh Ketua Komnasdik Provinsi Kaltim Masdudi pada Senin (5/9/2022). Prosesi pelantikan digelar di Gedung Serba Guna, Komplek Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi, Sangatta Utara.

Mengawali prosesi pelantikan dibacakan Surat Keputusan Komnasdik Provinsi Kaltim Nomor: 001/SK/KNPKT/VI/22 tanggal 17 Juni 2022. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan disaksikan Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman. Adapun susunan pengurus Komnasdik Kutai Kutim masa bakti 2022-2027. Ketua Umum, Rusdian Noor, Sekretaris Muslimin, Bendahara Rusmiati dan Biro Usaha Lukman Affandi. Selain Bupati Ardiansyah Sulaiman, acara pelantikan Komnasdik Kutim turut dihadiri unsur Forkopimda, serta beberapa lembaga pemerhati pendidikan di Kutim.

Bupati Ardiansyah dalam arahannya mengatakan, Komnasdik Kutim merupakan lembaga mandiri yang berfungsi melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan dan mediasi hak asasi manusia (HAM) terhadap pendidikan. Pendidikan sebagai salah satu hak dasar manusia bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, sekolah atau guru, tetapi seluruh komponen masyarakat harus berkontribusi.

“Di Indonesia banyak lembaga atau organisasi sosial dibentuk oleh masyarakat yang sangat peduli pendidikan. Diantara Dewan Pendidikan Nasional, komite, baik di tingkat sekolah, level kabupaten/kota, provinsi hingga pusat. Ini adalah respon masyarakat untuk berpartisipasi dalam dunia pendidikan. Pendidikan harus menjadi tanggung jawab kita semua,” tegasnya.

Selanjutnya dia berharap dengan banyaknya komunitas atau organisasi sosial yang peduli dengan dunia pendidikan, maka tujuan pendidikan nasional bisa tercapai dengan optimal. Sesuai dengan amanah UUD 1945 tentang tujuan pendidikan nasional.

“Kepada pengurus Komnasdik Kutim yang baru dilantik saya ucapkan selamat melaksanakan tugas dengan baik dan bersama pemerintah dan lembaga pendidikan lainnya, berkontribusi membangun pendidikan di Kutim lebih maju lagi,” ujarnya.

Ketua Komnasdik Kutim Rusdian Noor menyatakan akan senantiasa bekerja sama dan mendukung sepenuhnya program- program Pemkab Kutim dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

“Sesuai dengan visi Komnas Pendidikan yakni membentuk manusia yang berkarakter unggul, cerdas dan berdaya saing global, kami siap bersinergi dengan Pemkab Kutim mewujudkan tujuan pendidikan nasional,” ujar Rusdian. (kopi4/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here