Beranda Entertainment Cabor Drum Band Kutim Berlatih Siang Malam, Demi Sukses di Porprov

Cabor Drum Band Kutim Berlatih Siang Malam, Demi Sukses di Porprov

239 views
0

Cabor Drum Band Kutim Berlatih Siang Malam pada pemusatan latihan di lingkungan SMP YPPSB Swarga Bara. (ist)

SANGATTA- Perhelatan akbar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur ke VII di Kabupaten Berau tinggal menyisakan waktu kurang lebih sebulan lagi. Persiapan demi persiapan seluruh Cabang Olahraga (Cabor) terus dilakukan demi mengharumkan nama Kabupaten Kutai Timur (Kutim) di kegiatan dua tahunan tersebut.

Tak terkecuali para atlet dari Cabang Olahraga Drum Band yang sedang dalam Pemusatan Latihan Training Center (TC). Sejak dilepas pada 5 September 2022 lalu, rangkaian program latihan telah dilewati, mulai persiapan fisik hingga mental terus digembleng oleh pelatih.

Ketua Pengurus Drum Band Indonesia (PDBI) Kutim Sarwono Hidayat mengungkapkan, cabor yang mengadu fisik dipadu dengan musik ini, memiliki persiapan latihan yang bisa dibilang cukup berat. Pasalnya, dalam 10 kategori lomba yang dipertandingkan, nantinya para atlet bakal bertarung dengan waktu, kecepatan dan saling adu ketangkasan dalam baris berbaris.

“Atlet sudah melewati beberapa materi latihan yang telah disusun, setiap minggunya latihan dibagi per kategori. Mulai pagi latihan fisik dan gerakan, sore hingga malam para atlet latihan musik. Tentu mereka harus memiliki tingkat fokus yang ekstra harus menghapal musik dan belum lagi gerakan baris-berbaris,” jelas Sarwono.

Babe, sapaan akrab Sarwono, mengatakan bahwa tim memiliki target 2 medali emas. Ia yakin di nomor lomba yang telah ditentukan akan kembali meraih medali. Di nomor tanding putra-putri maupun campuran. Dirinya optimis dapat memberikan hasil terbaik untuk Kabupaten “Tuah Bumi Untung Benua”.

“Pada Porprov 2018 lalu Alhamdulillah kami bisa meraih 2 medali emas di kategori Lomba Unjuk Gelar dan Lomba Berbaris Jarak Pendek Puteri. Tentu ini menjadi modal kami dan berharap bisa menorehkan prestasi lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Pelatih Hendri Sulistiyo menambahkan, jumlah kekuatan atlet terdiri 25 orang. Seluruhnya hasil seleksi yang dilakukan sebelumnya beberapa waktu lalu. Ia menjelaskan pemusatan latihan dilakukan di lingkungan SMP YPPSB Swarga Bara.

“Latihan kami untuk dua kategori sedang dan berat itu dilakukan setiap hari. Mulai Senin sampai Minggu. Melihat perkembangan sampai saat ini, para atelt sudah mulai kompak. Baik itu musik dan gerakan,” jelasnya.

Dirinya optimis walaupun waktu lomba yang mulai dekat ini, tim dapat menyelesaiakan semua program latihan dengan baik. Tentu diharapkan bisa menghasilkan prestasi yang membanggakan. (*/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here