Beranda Kutai Timur 251 Peserta Ikut Seleksi Bakal Calon Kades di Kutim

251 Peserta Ikut Seleksi Bakal Calon Kades di Kutim

119 views
0

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menghadiri kegiatan
seleksi tambahan bakal calon kepala desa (Kades) Kutim. Foto: Nasruddin/Pro Kutim

SANGATTA – Sebanyak 251 peserta mengikuti seleksi tambahan bakal calon kepala desa (Kades) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tahun 2022, Jum’at (7/10/2022). Kegiatan yang digelar di Ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi tersebut dibuka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Dalam sambutannya, Bupati Kutim Ardiansyah merasa yakin bahwa peserta yang mengikuti seleksi adalah orang yang telah mempersiapkan diri untuk membangun desa dan yang diharapkan oleh masyarakat serta memahami peraturan perundang-undangan, peraturan pemerintah, peraturan menteri terkait kepala desa, aparatur desa dan lain-lain.

“Saudara-saudara adalah orang yang disiapkan dan diinginkan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup warga desa masing-masing baik dari sisi ekonomi, sosial, kemasyarakatan dan lain-lain. Saudara-saudara harus merasa yakin terhadap diri dalam rangka mengembang amanah itu,” ucapnya di hadapan Wabup Kasmidi, perwakilan Anggota DPR Kutim, Forkopimda dan peserta seleksi bakal calon Kades Kutim.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo agar pemerintah daerah mampu mendorong, mengembangkan, meningkatkan ketahanan pangan dan memanfaatkan produk-produk yang dihasilkan oleh daerah di antaranya bagaimana meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di desa dalam rangka menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan.

“Kami berharap ekonomi kerakyatan ini tumbuh dari desa melalui kegiatan Bumdes, koperasi, home industri, UMKM dan lain-lain, di sisi lain pemerintah memfasilitasi keputusan presiden meminta kepada semua pemerintah daerah untuk memaksimalkan 40 persen memanfaatkan kegiatan barang dan jasa produksi masing-masing daerah,” tambahnya.

Terakhir, ia berharap panitia seleksi dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab sehingga yang terpilih nantinya adalah orang yang betul-betul ingin membangun desa dengan kualitas dan kemampuan yang memadai.

“Semoga hasil seleksi ini merupakan hasil yang terbaik bagi Kutim,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Yuriansyah melaporkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Diikuti bakal calon Kades sejumlah 252 orang, namun ada yang meninggal dunia 1 orang dari desa Muara Bengalon jadi total 251 orang saja.

“251 orang bakal calon Kades berasal dari 77 Desa di 17 kecamatan, kecuali Kongbeng. Proses seleksi ini akan dilakukan selama dua hari. Ujian tertulis tanggal 7 Oktober 2022 di GSG Bukit Pelangi dan ujian wawancara tanggal 7-8 Oktober 2022 di Gedung PKK Bukit Pelangi,” ujar Yuriansyah yang juga menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMdes) Kutim. (kopi14/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here