Beranda Kutai Timur JPM Borneo Untung Benua Kutim Sasar Remaja Tanamkan Mental Pancasila

JPM Borneo Untung Benua Kutim Sasar Remaja Tanamkan Mental Pancasila

63 views
0

Ketua Jejaring Panca Mandala Borneo Untung Benua Kutim Suyatno. Foto: Wahyu Efendi/Pro Kutim

SAMARINDA – Ketua Jejaring Panca Mandala Borneo Untung Benua Kutai Timur (Kutim) Suyatno menyakini, melemahnya nilai-nilai Pancasila di kalangan remaja akibat dihilangkannya mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Hal itulah yang lantas menjadi sorotan timnya untuk menggalakkan kembali, agar mata pelajaran tersebut kepada remaja ke-18 kecamatan yang ada di Kutim.

“Sekolah yang paling utama diberikan pendidikan nilai-nilai Pancasila adalah SMA, MA dan SMK. Selain pendidikan Pancasila, kami juga mengajak para pemilih pemula itu, agar berkontribusi pada Pemilu di 2024 nanti,” kata Suyatno yang juga menjabat Sekretaris Badan Kesbangpol Kutim usai mengikuti kegiatan Deklarasi Jejaring Panca Mandala (JPM) di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (6/10/2022).

Ia menerangkan sampai saat ini sudah lima kecamatan yang terbentuk di bawah JPM Kutim. Yakni Wahau, Kongbeng, Muara Bengkal, Sangatta Utara dan Sangatta Selatan sudah memberikan pengarahaan tantang nilai-nilai Pancasila di sekolah-sekolah seperti di SMP dan SMA kecamatan-kecamatan tersebut.

JPM Borneo Untung Benua terus menggenjot nilai-nilai Pancasila kepada kalangan remaja, agar moral bangsa ini dikemudian hari lebih baik, khususnya di masa keemasan mereka. Upaya yang dilakukan mulai dari pengenalan, penghayatan dan pengamalan nilai Pancasila untuk remaja. Terakhir, ia mengatakan JPM Borneo Untung Benua akan memaksimalkan kinerjanya, bekerja sama dengan Disdukcapil agar dapat menentukan dan mencapai target yang disasar.

“Allhamdulillah di setiap sekolah dari lima kecamatan yang telah kita bina telah diterapkan pembentukan karakter nilai-nilai Pancasila. Mudahan terus berlanjut hingga seluruh kecamatan,” tutupnya. (kopi7/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here