Beranda Kutai Timur Bumikan Nilai Pancasila, Kutim Dukung Penuh Jejaring Panca Mandala

Bumikan Nilai Pancasila, Kutim Dukung Penuh Jejaring Panca Mandala

37 views
0

Asisten Pemerintah Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono mengikuti jalannya kegiatan deklarasi. Foto: Wahyu Efendi/Pro Kutim

SAMARINDA – Hadir mewakili Bupati Kutai Timur (Kutim), Asisten Pemerintah Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Seskab Kutim Poniso Suryo Renggono mengapresiasi kegiatan dekralasi Jejaring Panca Mandala (JPM) se-Kaltim, di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (6/10/2022). Karena menurutnya hal tersebut sangat membumikan Pancasila. Dikatakan Poniso, Pancasila adalah merupakan dasar negara yang mengkristalisasi nilai-nilai luhur bangsa. Sehingga menjadi ideologi bangsa negara Indonesia.

“Nilai-nilai Pancasila ini memang seharusnya disosialisasikan ke masyarakat, oleh karena itu adanya deklarasi setiap kabupaten/kota se-Kaltim,” ujar Poniso didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kutim M Basuni, Sekretaris Kesbangpol Suyatno dan anggota JPM Borneo Untung Benua, ditemui Pro Kutim usai mengikuti kegiatan JPM.

Selanjutnya, kata Poniso, harus diimplementasikan kepada semua masyarakat khususnya generasi muda, supaya mengetahui ideologi Pancasila. Agar tak punah dikemudian hari. Ia menekankan semua itu wajib diamalkan dan diselaraskan dalam dunia pendidikan saat ini. Mulai SD, SMP dan SMA di semua daerah.

“Karena budaya ini harus jadi karakter kita, Pancasila harus menjadi karakter bangsa kita. Begitu pula menjadi karakter Kutim dari semua bidang, mulai keagamaan, sosial, ekonomi, budaya dan teknologi. Kita harus berazaskan budaya, sehingga tidak hilang,” jelasnya.

Terakhir, Poniso berharap terbentuknya JPM Borneo Untung Benua menjadi awal pembentukan karakter bangsa di Kutim. Selain menjadi menyelenggarakan penguatan nilai-nilai Pancasila, melibatkan semua potensi masyarakat.

“Nantinya JPM itu harus gencar memberikan pembinaan kepada para anak-anak Kutim,” tutupnya. (kopi7/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here