Beranda Kutai Timur Perpustakaan KBN Pulau Miang Dapat Bantuan 260 Judul Buku Dari Lanal Sangatta

Perpustakaan KBN Pulau Miang Dapat Bantuan 260 Judul Buku Dari Lanal Sangatta

131 views
0

BUKU, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin saat menyerakan bantuan buku kepada Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman untuk kemudian diserahkan kembali kepada Camat Sangkulirang Rahmat. (Fuji Pro Kutim)

SANGKULIRANG- Buku adalah jendela dunia, banyak ilmu pengetahuan terkandung di dalamnya yang dapat mencerdaskan generasi penerus bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa tentunya menjadi tanggung jawab semua pihak. Dengan latar belakang tersebut Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin menyerahkan ratusan judul buku untuk Perpustakaan Komunitas di Pulau Miang, Kecamatan Sangkulirang.

“Program bantuan buku ini untuk melengkapi perpustakaan yang ada di Pulau Miang, sebagai bagian dari program Kampung Bahari Nusantara (KBN), Klaster Pendidikan,” kata Danlanal Sangatta saat menyerahkan simbolis buku-buku dimaksud kepada Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, Sabtu (8/10/2022) siang.

Penyerahan bantuan buku tersebut turut disaksikan masyarakat setempat. Termasuk disaksikan Dandim 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto, Kajari Kutim Henriyadi W Putro. Ketua DPRD Kutim H Joni, Wakil Ketua DPRD Kutim H Arfan, Kepala Pengadilan Negeri Sangatta Abraham Van Vollen Hoven Ginting, Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Agus Purnomo, Wakapolres Kutim Kompol Damus Asa, Sekretaris Kabupaten (Seskab) Rizali Hadi, Kaban Kesbangpol M Basuni, serta Camat Sangkulirang Rahmat.

Dia berharap dengan adanya buku-buku ini, tak hanya siswa sekolah yang gemar membaca, namun juga masyarakat sekitar. Demi meningkatkan literasi di kalangan masyarakat yang kini mulai tergerus. Dijelaskan oleh Shodikin, untuk pengembangan Pulau Miang sebagai KBN, pihaknya mengembangkan lima klaster. Yaitu Klaster Pendidikan, Ekonomi dengan pemberdayaan masyarakat mengembangkan industri rumah tangga, Klaster Kesehatan dengan pendirian Puskesmas Pembantu. Klaster Pertahanan hingga Klaster Pariwisata yang mengajak masyarakat untuk mempercantik desanya agar menarik minat kunjungan wisatawan.

PRESENTASI, Paparan tentang program Kampung Bahari Nusantara oleh Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin kepada Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman dan unsur Forkopimda lainnya. (Fuji Pro Kutim)

“Total ada sebanyak 260 judul buku atau sebanyak 500 eksemplar kami (Lanal Sangatta) serahkan,” sebut Shodikin dihadapan beberapa pejabat lingkup Pemkab Kutim yang ikut dalam kunjungan siang itu.

PRESENTASI, Paparan tentang program Kampung Bahari Nusantara oleh Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin kepada Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman dan unsur Forkopimda lainnya. (Fuji Pro Kutim)

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman usai menerima buku tersebut mengaku sangat berterima kasih kepada jajaran Lanal Sangatta, khususnya Danlanal yang telah memikirkan upaya peningkatan minat baca untuk generasi muda dan masyarakat. Untuk itu dia mengimbau warga setempat untuk memanfaatkan ruang baca yang ada untuk menambah ilmu pengetahuan.

UMKM, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman bersama unsur Forkopimda Kutim saat meninjau sentra UMKM di KBN Pulau Miang. (Fuji Pro Kutim)

“Terima kasih kepada jajaran Lanal Sangatta. Semoga buku yang mengisi perpustakaan ini bisa menjadi bahan menimba ilmu pengetahuan. Apalagi di buku-buku yang diserahkan meliputi banyak disiplin ilmu dan pengetahuan. Tak hanya pendidikan untuk siswa sekolah, namun juga ilmu pengetahuan umum, kiat-kiat sukses dan lainnya,” ujar Ardiansyah yang selanjutnya menyerahkan simbolis buku-buku dimaksud kepada Camat Sangkulirang Rahmat.

UMKM, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman bersama unsur Forkopimda Kutim saat meninjau sentra UMKM di KBN Pulau Miang. (Fuji Pro Kutim)

Momen penyerahan buku tersebut dilaksanakan sebagai rangkaian kunjungan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kutim ke KBN Pulau Miang. Setelah pelaksanaan rapat koordinasi di dalam Kapal Angkatan Laut (KAL) Kudungga yang dioperasikan Lanal Sangatta. Saat tiba di KBN Pulau Miang, rombongan disambut dengan tari-tarian tradisional, berkeliling Pulau Miang dan berfoto bersama di ikon KBN bertuliskan Pulau Miang dengan huruf kapital. Mengunjungi sentra UMKM, meninjau Puskesmas Pembantu, Perpustakaan serta makan siang dengan warga sekitar. Rombongan baru kembali meninggalkan Pulau Miang tepat Pukul 12.00 WITA berlayar menggunakan kapal yang sama. (kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here