Beranda Kutai Timur Berkat Lempah dan Belacan, TP-PKK Batam Wakili Kutim ke Provinsi

Berkat Lempah dan Belacan, TP-PKK Batam Wakili Kutim ke Provinsi

129 views
0

Camat bersama TP PKK Batu Ampar meraih nilai terbaik dan mendapatkan piagam penghargaan dalam ajang lomba makanan berbahan dasar ikan (foto : Wahyu Yuli/Pro Kutim)

SANGATTA- Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Batu Ampar menjadi juara umum lomba makanan berbahan dasar ikan garapan TP PKK bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang digelar di Gedung Wanita Bukit Pelangi, Senin (10/10/2022).

Dengan hasil ini, Batu Ampar berhak mewakili Kutim untuk mengikuti ajang serupa di level yang lebih tinggi yakni di tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan digelar pada 19 Oktober 2022 mendatang di Kota Samarinda.

Kegiatan yang dibuka oleh Seskab Kutim Rizali Hadi ini turut dihadiri Ketua TP PKK Kutim Siti Robiah Sulaiman, beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, organisasi wanita dari unsur Forkopimda serta perwakilan PKK di 18 kecamatan. Ajang ini memperlombakan tiga kategori masakan yakni makanan untuk balita, hidangan keluarga serta kudapan yang berbahan dasar ikan. Dengan dewan juri dari Dinkes, DPK serta Chef Joko Utoro dari Hotel Royal Victoria.

Adapun pemenang dalam perlombaan yang mengambil tema “Ragam Menu Masakan Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak”, untuk juara pertama kategori menu balita dimenangkan TP PKK Kecamatan Batu Ampar disusul Kaliorang di tempat kedua dan posisi ketiga diraih oleh Kecamatan Muara Bengkal.

Sedangkan untuk kategori masakan keluarga di juara pertama diraih oleh TP PKK Kecamatan Muara Wahau, posisi kedua ditempati Batu Ampar dan pemenang ketiga diisi Kecamatan Muara Bengkal. Selanjutnya Kecamatan Muara Wahau menjadi pemenang pertama kategori menu kudapan, Batu Ampar harus puas meraih Runner Up sedangkan posisi ketiga kali ini diduduki oleh Kecamatan Kaliorang. Dengan hasil tersebut, TP PKK Batu Ampar berhasil mengumpulkan nilai tertinggi dan berhak menyandang sebagai juara umum pada perlombaan kali ini.

Untuk diketahui, TP PKK Batu Ampar menyajikan 3 olahan makanan seperti untuk menu balita menyajikan bubur jagung lempah lawu pentol belida, di kategori keluarga menghidangkan lapat ikan kuah kedah belacan dan kudapan yakni serabi ikan fla gula merah menjadi menu andalan.(kopi6/kopi13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here