Beranda Entertainment Spesial, Gubernur Kaltim Jadi Irup HUT Kutai Timur – Sebut Usia 23...

Spesial, Gubernur Kaltim Jadi Irup HUT Kutai Timur – Sebut Usia 23 Tahun, Momen Semangat Membangun Kutim Sejahtera

282 views
0

Gubernur Kaltim Isran Noor saat menjadi Irup HUT ke-23 Kutim. (foto Wahyu Yuli /Pro Kutim)

SANGATTA- Puncak peringatan HUT ke-23 Kutim ditandai dengan pelaksanaan upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Kutim, Rabu (12/10/2022) pagi. Makin special karena yang bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) adalah Gubernur Kaltim Isran Noor. Sosok Isran tak lain merupakan Bupati Kutim 2009-2015.

Hadir pada momen spesial tersebut, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kasmidi Bulang, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin, unsur pimpinan Forkopimda, anggota DPRD Kutim, Camat, Kepala OPD, pimpinan instansi vertikal, perwakilan perusahaan serta undangan yang tampak memenuhi podium kehormatan.

Upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 WITA tersebut diawali pembacaan sejarah singkat Kabupaten Kutim oleh Seskab Rizali Hadi. Bertindak sebagai komandan upacara yakni Kepala Bagian Pemerintah Sekretariat Kabupaten Sutrisno dengan peserta upacara dari unsur TNI Polri, unsur Korpri, Dishub, Satpol PP serta perwakilan siswa dari berbagai sekolah yang ada di Sangatta.

Dalam pidatonya, Gubernur Kaltim Isran Noor menegaskan momentum usia ke-23 Kutim kali ini, masyarakat harus terus saling bersinergi dan bersatu. Serta menjaga semangat menjaga kerukunan antarsesama.

“Apresiasi yang tinggi saya berikan kepada pemerintah dan masyarakat Kutim, karena di usianya yang ke-23 tahun ini Kutim terus bersemangat melaksanakan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan bersama,” ujarnya.

Meskipun sempat terkendala dalam pelaksanaan program pembangunan serta melumpuhkan perekonomian akibat adanya pandemi COVID-19 yang melanda, namun semangat untuk terus membangun yang bertujuan untuk kesejahteraan bagi masyarakat tidak boleh berhenti. Saat ini Pemerintah Pusat maupun daerah sudah melakukan pemulihan ekonomi. Dengan fokus peningkatan usaha produktif dan meningkatkan daya beli masyarakat.

“Oleh karena itu, Pemkab Kutim hendaknya juga segera melakukan terobosan dengan inovasi dan kreativitas,” tegas Isran.

Isran yang pernah menjabat Bupati didampingi Wabup Ardiansyah Sulaiman kala itu, yakin ke depan Kutim akan menjadi salah satu daerah di Kaltim yang akan jadi lumbung pangan dan holtikultura. Untuk peyangga ibu kota negara (IKN) bersama Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Kartanegara (Kukar) serta Kutai Barat (Kubar).

“Selain di sektor UMKM, pariwisata, pendidikan serta pengentasan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja yang baru,” bebernya.

Terakhir, dirinya meminta agar Kutim tidak melupakan terkait peningkatan sumber daya manusia (SDM) di berbagai bidang, tanpa meninggalkan ajaran serta amalan yang mengandung nilai-nilai keagamaan. Agar tercipta insan yang beriman bertakwa pribadi yang santun dan berahlak mulia serta daerah yang aman dan damai.

“Dirgahayu Kabupaten Kutim ke-23. Sebuah pantun membeli gula dibungkus daun, beli banyak dibungkus kain, rakyat Kutim giat membangun, agar tak tertinggal dengan daerah yang lain,” ucap Isran dan disambut tepuk tangan seluruh undangan. (kopi6/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here