Beranda Food Ramaikan PRKE 2022, Kaliorang Kenalkan Kembang Goyang dan Minuman Mangrove

Ramaikan PRKE 2022, Kaliorang Kenalkan Kembang Goyang dan Minuman Mangrove

35 views
0

Camat Kaliorang I Komang Suyadnya memegang minumal dari mangrove dan Ketua TP PKK Kecamatan Kaliorang Ni Luh Ratsini yang juga istri Camat I komang memegang produk Bonggol Pisang dan Ikan Ote Kering yang dikemas dengan rapi. (foto: Adi Sagaria)

SANGATTA- Pekan Raya Kutim Expo (PRKE) 2022 kembali hadir untuk menyemarakkan HUT ke 23 Kutai Timur yang jatuh pada 12 Oktober 2022. PRKE 2022 merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengangkat potensi-potensi desa yang ada di 18 kecamatan se-Kabupaten Kutim, dimulai 11 Oktober dan akan berakhir 16 Oktober 2022.

Kecamatan Kaliorang menjadi salah satu peserta yang ikut meramaikan PRKE tahun ini. Camat Kecamatan Kaliorang I Komang Suyadnya didampingi Ketua TP PKK Kaliorang Ni Luh Ratsini ditemui di stan pameran, saat pembukaan expo, mengatakan, ikut berpartisipasi dengan menampilkan berbagai produk-produk UMKM Desa.

“Produk usaha kecil yang ada di desa-desa di Kecamatan Kaliorang yang kami kenalkan seperti krupuk ikan bulan, abon ikan tuna, krupuk bonggol pisang, krupuk pare, kripik tempe, jahe instan, rengginang, ikan asin otek dan kembang goyang serta minuman dari mangrove,” jelas Komang.

Dua nama terakhir kembang goyang dan minuman dari mangrove merupakan produk unggulan baru dari Kaliorang. 

Ketua TP PKK Kaliorang Ny Ni Luh Ratsini menambahkan, produk-produk yang dipamerkan ini semuanya buatan warga masing-masing desa. Sudah beredar atau dijual disekitar Kecamatan Kaliorang dan Sangkulirang. Kalau soal harga, kata dia, masih sangat  terjangkau oleh masyarakat. Yakni mulai dari Rp10 ribu per bungkus sampai harga Rp50 ribu per bungkus tergantung isi dan jenis produknya.

“Harga masing-masing sesuai dengan isi dan berat. Namun masih terjangkau kok,” jelas Ni Luh Ratsini sambil memperlihatkan produk-produk yang dipajang di rak-rak stand.

Untuk memberikan pelayanan dan penjelasan kepada setiap pengunjung yang ingin mengetahui produk, Camat dan Ketua TP PKK membawa beberapa stafnya untuk bertugas selama expo berlangsung. Mereka adalah Arifuddin, Farida, Lestiayawati, Parmi, Asri, Yamani serta Dwi Purwani. Dia mengajak warga untuk mengunjungi stan Kaliorang. Untuk melihat dan mengenal produk-produk buatan warga. (kopi8/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here