Beranda Entertainment Lembaga Adat Kayan-Kenyah Diajak Turut Bangun dan Lestarikan Kebudayaan Daerah

Lembaga Adat Kayan-Kenyah Diajak Turut Bangun dan Lestarikan Kebudayaan Daerah

246 views
0

Sambutan : Wabup Kasmidi Bulang memberikan sambutan pada acara pelantikan pejabat lembaga adat besar Kayan – Kenyah. (Ronall J Warsa Pro Kutim)

KONGBENG – Wakil Bupati Kasmidi Bulang melantik belasan pejabat Lembaga Adat Besar Kayan – Kenyah Tingkat Kecamatan Kongbeng, Muara Wahau dan Telen Periode 2022 – 2028, pada Sabtu (15/10/2022). Prosesi dimaksud berlangsung di Balai Adat Desa Miau Baru, Kongbeng.

Kedatangan Wabup beserta rombongan disambut dengan tarian dan upacara adat oleh para tokoh sesepuh adat Kayan – Kenyah. Untuk menguatkan tali silaturahmi antara masyarakat dayak pedalaman dengan pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut, Kasmidi Bulang mengajak para pejabat lembaga adat besar Kayan – Kenyah untuk dapat selalu bersama-sama bersinergi dengan pemerintah. Turut serta membangun daerah dengan menyukseskan program-program yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Lantik : Nampak para pejabat lembaga adat besar Kayan – Kenyah dilantik oleh Wabup Kasmidi Bulang di Balai Adat Miau Baru. (Ronall J Warsa Pro Kutim)

“Keberadaan pada pejabat lembaga adat yang dilantik hari ini, ialah untuk menguatkan jalinan kerukunan antara masyarakat Kayan – Kenyah maupun masyarakat adat lainnya yang ada di wilayah tiga kecamatan. Sehingga jalinan sinergisitas tidak saja tercipta antar kampung, namun meluas dari kecamatan hingga tingkatan kabupaten,” tukas Kasmidi Bulang.

Dijelaskannya, peran dan fungsi lembaga adat harus dapat optimal berjalan dari bawah hingga atas. Termasuk dalam penguatan dan pelestarian adat di tengah arus perkembangan zaman yang modern serta digital. Sehingga kaidah-kaidah adat dapat terimplementasi dalam kehidupan masyarakat. Guna mendukung “Kutim Magic Land”.

“Penguatan lembaga adat dan budaya selain dapat mempertahankan tradisi luhur para pendahulu, juga berdampak pada menguatkan identitas dalam menyerap keragaman budaya di Kutim pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” jelas Wabup.

Lembaga Adat : Keberadaan lembaga adat berperan besar dalam menguatkan persatuan dan kesatuan serta melestarikan nilai-nilai luhur bangsa. (Ronall J Warsa Pro Kutim)

Lebih jauh Kasmidi berharap momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kutim yang ke-23, yang jatuh pada 12 Oktober 2022 lalu dapat dijadikan upaya untuk membangun daerah melalui tanggungjawab semua pihak. Dengan porsinya masing-masing. Sebab adat dan kebudayaan yang digarap dengan niatan untuk menguatkan sinergisitas antar anak bangsa, akan mampu diolah menjadi besar dalam menunjang sektor pariwisata. Membuka peluang pergerakan ekonomi kerakyatan. Kutim merupakan daerah yang luar biasa kaya akan adat istiadat daerah.

“Inilah salah-satu keunggulan kita berbaur dengan adanya Ibu Kota Negara Nusantara,” pesan pemimpin bertubuh tinggi besar itu. (kopi5/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here