Beranda Keagamaan Ke Teluk Pandan, Ardiansyah Kembali Sampaikan Hikmah Maulid Nabi

Ke Teluk Pandan, Ardiansyah Kembali Sampaikan Hikmah Maulid Nabi

64 views
0

Bupati menyampaikan tausiyah kepada jamaah yang hadir dalam acara maulid di area Wisata Bukit Hijau Kandolo. Foto: Wahyu Efendi/Pro Kutim. 

TELUK PANDAN – Secara bergantian, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman memenuhi undangan masyarakat untuk menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW). Kini giliran acara maulid di area Wisata Bukit Hijau Kandolo, Kecamatan Teluk Pandan garapan Yayasan Masjid Jabal Rahmah, Minggu (16/10/2022). 

Kehadiran bupati turut menyampaikan tausiyah kepada jamaah yang hadir. Bupati Ardiansyah Sulaiman mengatakan, maulid adalah hari kelahiran tetapi maulid adalah Nabi Muhammad SAW yang dilahirkan. Maka dari itu kewajiban sebagai umatnya setiap saat berinteraksi dengan Nabi Muhammad. Dengan cara selalu bersalawat yang sering juga diucapkan dalam salat. 

“Bersalawatlah engkau, Allah SWT memerintahkan umat Islam atau orang-orang yang beriman untuk bersalawat. Maka hukumnya bersalawat hukumnya wajib,” tegas Ardiansyah. 

Ardiansyah lantas pun mengingatkan kehidupan rasulullah jangan sampai lepas dari kehidupan rumah tangga. Apalagi suri tauladan rasulullah sampai hilang di dalam rumah tangga. Karena nabi merupakan sosok yang sempurna menjadi kepala rumah tangga dan menjadi suami yang tak pernah menyakiti hati istrinya. 

“Mari amalkan kasih sayang pada sesama keluarga dan tetangga sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW,” katanya.

Terakhir, ia menerangkan banyak pribadi-pribadi rasulullah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tak ada kata terlambat untuk menjadikan pribadi rasulullah di dalam rumah tangga, bertetangga, bernegara dan semuanya. 

“Mudah-mudahan peringatan maulid ini, bisa memberikan lebih banyak makna kasih sayang untuk kehidupan. Karena rasulullah adalah Rahmatan lil ‘Alamin,” urainya. 

Sekadar diketahui, kegiatan itu dirangkai penyerahan hadiah festival qasidah/rebana, lomba pidato dan lomba adzan. Juga peresmian Masjid Rahmah dan Wisata Bukit Hijau Kandolo dengan penandatanganan prasasti. Hadir pula Wakil Ketua DPRD Arfan, Ketua TP PKK Siti Robiah, Kadispar Nurullah, Plt Camat Teluk Pandan Anwar, tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat sekitar, perwakilan stakeholder dan undangan lainnya. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Syafaruddin Wahid menyampaikan pekan maulid ini digelar dengan berbagai kegiatan. Diantaranya festival qasidah/rebana, lomba pidato dan lomba adzan. Lomba-lomba tersebut diikuti puluhan peserta dari perwakilan kecamatan-kecamatan se-Kutim. 

“Allhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar dan sukses, semoga kita mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW,” ujarnya yang juga pemilik Wisata Bukit Hijau Kandolo. (kopi7/kopi13/kopi3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here