Beranda Keagamaan Hari Pertama MTQ XVI Kutim, Semua Peserta Bersemangat

Hari Pertama MTQ XVI Kutim, Semua Peserta Bersemangat

262 views
0

Suasana Musabaqah Hafalan Hadis yang digelar di Kantor Kemenag Kutim. Foto: Wahyu Pro Kutim

SANGATTA – Usai dibuka secara resmi oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Selasa (29/11/2022) tadi malam di pelataran Masjid Agung Al-Faruq Bukit Pelangi, perlombaan-perlombaan MTQ XVI Kutim siap digelar. Tiap-tiap titik lokasi lomba semuanya sudah siap untuk dipakai.

Ditemui dilokasi lomba, Firdaus Baihaiki selaku Koordinator Seksi Arena MTQ XVI Kutim menyampaikan hari ini Rabu (30/11/2022), ada beberapa lomba yang ditandingkan dan diikuti oleh seluruh perwakilan kecamatan. Mulai lomba cabang tilawah yang dilombakan dari pagi sampai malam berlangsung di dua tempat. Yakni Masjid Agung Al-Faruq dan Gedung TP-PKK. Cabang Qiraat difokuskan di arena utama Masjid Agung Al-Faruq.

“Cabang Tahfidz dengan tafsir dilangsungkan di Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi Sangatta. Cabang Tahmil Quran dilaksanakan di BPU Kecamatan Sangatta Utara,” bebernya.

Kemudian, sambung Firdaus Cabang Tartil Quran dihelat di Gedung PLHU Kemenag Kutim. Kaligrafi dilangsungkan di MIN 1 Sangatta Utara. Karya tulis ilmiah digelar di SDN 002 Sangatta Utara. Ia menerangkan dari sekian cabang lomba adapula cabang lomba yang telah selesai pada hari pertama ini.

“Cabang lomba hafalan hadis yang telah selesai dihari pertama ini. Lomba itu digelar di Kantor Kemenag. Dan diikuti 17 peserta,” ujarnya.

Jadi apabila sudah selesai semua lomba-lomba tersebut, ia menjelaskan tak diumumkan secara langsung seusai lomba. Akan tetapi diumumkan pada malam penutupan MTQ nantinya.

Ia menerangkan kafilah yang lebih dominan dalam pelaksanaan lomba hari ini, adalah kafilah dari Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon dan Kongbeng. Firdaus membeberkan kali ini juga peserta dari kafilah kecamatan ini banyak peserta baru setelah didata dan dipertandingkan. Menurut ia hal ini sangat bagus. Sebab harus ada regenerasi untuk meneruskan syiar agama ini. Maka dari harus terus ditempa sampai dengan ajang perlombaan MTQ yang paling tinggi.

“Contoh beberapa peserta dari cabang hafalan hadis. Pesertanya gugupnya luar biasa atau biasa disebut demam panggung,” ujarnya.

Tetapi secara umum, ia meyakini peserta sudah siap di perlombaan MTQ tingkat kabupaten ini. Hanya saja demam panggungnya masih cukup tinggi.

“Secara umum pelaksanaannya pada hari ini berjalan lancar. Semua peserta pun antusias bersemangat,” tutupnya. (Kopi7/Kopi13)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini