Beranda Kutai Timur Hari Ini Pilkades Serentak di 77 Desa Se-Kutim – Ardiansyah Berharap Lancar...

Hari Ini Pilkades Serentak di 77 Desa Se-Kutim – Ardiansyah Berharap Lancar dan Kondusif

725 views
0

Bupati Ardiansyah Sulaiman dan Istri Hj. Siti Robiah saat memberikan suaranya di TPS 58. Foto: Fuji Pro Kutim

SANGATTA- Hari ini, 5 Desember 2022 tahapan pencoblosan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dilangsungkan di 77 desa. Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman selaku kepala daerah dan juga masyarakat Desa Sangatta Utara juga turut menunaikan haknya, memberikan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ardiansyah yang ber-kartu tanda penduduk (KTP) Sangatta Utara tercatat berdomisili di Jalan Sulawesi. Untuk itu dia mendapat surat undangan pemungutan suara dari TPS 58. Orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut datang ditemani istri Ny Hj Siti Robiah beserta anak-anaknya yang memang memiliki hak suara.

Mengenakan setelan batik Korpri dan memakai peci, Ardiansyah tiba sekira pukul 08.15 WITA. Runut proses warga dalam memilih diikutinya dengan seksama. Mulai dari memberikan surat undangan mencoblos, mendapatkan surat suara, mengantre, masuk ke bilik suara dan mencoblos dua kandidat Kades Sangatta Utara, M Duniar dan Mulyanti, memasukkan surat suara ke kotak suara. Hingga prosesi akhir mencelupkan ujung jari kelingking ke tinta sebagai tanda bukti sudah memberikan hak suaranya.

Usai mencoblos, Ardiansyah mengatakan, Pilkades menjadi bagian dari demokrasi yang mesti diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Pilkades di Kutim dilaksanakan serentak di 77 desa merupakan proses memiliki pemimpin ditingkat desa yang menentukan kebijakan pembangunan ditingkat desa.

“Saya baru saja, menyelesaikan tugas saya sebagai warga negara untuk memilih. Terima kasih kepada pihak panitia, pihak keamanan yang hari ini sudah siap sedia untuk menjaga situasi tetap kondusif,” kata Ardiansyah sesaat setelah memberikan hak suaranya di TPS dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 500 orang tersebut.

Dia bersyukur pelaksanaan Pilkades, khususnya di Desa Sangatta Utara berjalan lancar dan aman. Dia berharap pelaksanaan kegiatan serupa di puluhan desa lainnya se-Kutim juga tetap kondusif. Selanjutnya hasil Pilkades kali ini mampu menghasilkan Kades yang mampu menjadi barometer keberhasilan pembangunan di tingkat desa.

“Masyarakat juga mari sukseskan Pilkades serentak 2022. Silakan pergi ke TPS dan tunaikan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Dengan memberikan hak suara,” tutup Ardiansyah yang setelahnya langsung bertolak menuju Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi.

Diwawancara terpisah, Kepala DPMDes Yuriansyah menjelaskan, Pilkades hari ini dilangsungkan di 77 desa se-Kutim. Mulai dari tahap persiapan dan pelaksanaan sudah dimatangkan sejak lama.

“Sekitar 251 calon Kades ikut berkompetisi pada Pilkades di 77 desa se Kutim. Semoga pelaksanaan Pilkades kali ini berjalan kondusif hingga penetapan Kades nanti,” harap Yuri, sapaab akrab Yuriansyah. (kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini