Beranda Kutai Timur Dinkes Kutim Gelar Seminar Remaja Cerdas Bebas HIV

Dinkes Kutim Gelar Seminar Remaja Cerdas Bebas HIV

200 views
0

Dinkes Kutim menggelar seminar soal HIV AIDS dirangkai tes kesehatan. Foto. Yuni/Pro Kutim

SANGATTA – Momen puncak peringatan Hari AIDS Sedunia yang ke-34, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur (Kutim) menggelar kegiatan Seminar Remaja Cerdas Bebas HIV mengangkat tema “Kenali, Cegah dan Stop HIV” di Ruang Akasia GSG Bukit Pelangi, Senin (12/12/2022).

Sebelumnya, telah digelar kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan secara maraton yang dipusatkan di area Polder Ilham Maulana.

Kegiatan ini turut dihadiri Staf Ahli Bidang Pemhukpol Setkab Kutim Tejo Yuwono, Kepala Dinkes Kutim dr Bahrani dan sejumlah perwakilan guru dan murid dari SMP dan SMA yang ada di Sangatta.

Dalam arahannya, Staf Ahli Bidang Pemhukpol Setkab Kutim Tejo Yuwono menerangkan jika kegiatan seminar ini perlu diadakan karena pengetahuan ke anak tentang penyimpangan perilaku seperti LGBT dan perlu ada penguatan pengetahuan tentang bahaya narkoba.

“Sesuai dengan visi misi Kabupaten Kutim khususnya di bidang kesehatan diharapkan nantinya kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik,” tegas Tejo.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kutim dr Bahrani menegaskan HIV AIDS yaitu perilaku menyimpang dari remaja. AIDS merupakan cairan tubuh anggota yang terkena AIDS, pindah ke orang lain.

“Cara pencegahannya yaitu jangan donor darah sembarangan dan tidak berhubungan seks bebas,” ungkapnya.

Selain itu, Bahrani menambahkan seminar yang diikuti berbagai pelajar dari SMP dan SMA yang ada di Sangatta ini diharapkan bisa mendapatkan ilmu untuk mencegah HIV AIDS.

“Jadi saya harap adik-adik SMP dan SMA bisa mendapatkan ilmu untuk mencegah HIV AIDS dan nantinya ilmu yang didapat bisa diinformasikan kepada teman-teman,” tegasnya.

Untuk diketahui seminar ini mendatangkan narasumber dr Tiara. Dalam materinya, ia menjelaskan cara pencegahan penularan HIV AIDS yaitu tidak melakukan seks di luar pernikahan, bersikap saling setia dengan pasangan, hindari pemakaian narkoba dan edukasi tentang HIV dan AIDS.(kopi15/kopi13/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini