Beranda Kutai Timur Tingkatkan Perekonomian, Puluhan Warga Kaubun Dilatih Pengelolaan Agrowisata

Tingkatkan Perekonomian, Puluhan Warga Kaubun Dilatih Pengelolaan Agrowisata

218 views
0

Rombongan Distan dan Dispar Kutim juga PT. GAM melakukan kunjungan ke lokasi Agrowisata Sawah Desa Bumi Rapak dan Agrowisata Buah Desa Bumi Jaya. Foto: Istimewa

KAUBUN – Guna mendukung pengembangan agrowisata di Kecamatan Kaubun, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) terus menggiatkan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satunya melalui pelatihan yang melibatkan masyarakat setempat. Pelatihan dilaksanakan di Aula Unit Pelaksana Tugas Penyuluhan Perkebunan, Peternakan dan Pertanian (UPT PPPP) Kaubun.

Pelatihan ini juga melibatkan pihak swasta. Salah satu contohnya PT Ganda Alam Makmur (GAM) menjalin kerja sama dengan Dinas Pertanian (Distan) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim, Selasa (13/12/2022). Turut hadiri Kadistan Dyah Ratnaningrum, Kadispar Nurullah, dan Perwakilan PT GAM Widharto Ali selaku Spt CSR.

Pelatihan difokuskan pada pengelolaan agrowisata. Pelatihan ini diikuti 30 orang, perwakilan dari Kelompok Agrowisata Sawah Padi Bhuana Sari, Desa Bumi Rapak dan Kelompok Agrowisata Buah, Desa Bumi Jaya.

Kadistan Kutim Dyah Ratnaningrum menyampaikan, program agrowisata merupakan salah satu fokus pembangunan Pemkab Kutim. Bahkan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman selalu ikut serta dalam panen raya yang dilakukan kelompok Bhuana Sari.

“Agrowisata Buah Bumi Jaya juga merupakan program jangka panjang yang perlu kita dukung bersama-sama,” ujarnya.

Sementara perwakilan PT GAM Widharto Ali menjelaskan pihaknya berkomitmen dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai potensi yang ada. Terutama mengembangkan berbagai potensi yang ada di Kecamatan Kaubun.

“Yakni Agrowisata Buah Bumi Jaya yang telah kami support (dukung) 450 bibit tanaman durian, mangga, kelengkeng dan jambu kristal. Serta pupuk untuk kegiatan tersebut,” terangnya.

Selain itu juga ada potensi agrowisata sawah, yakni kelompok Tani Bhuana Sari Desa Bumi Rapak yang telah didukung pupuk, bibit tanaman refugia. Selain itu juga bakal dibangunkan gazebo sebagai sarana penunjang agrowisata sawah di Bhuana Sari di Desa Bumi Rapak.

Sebelumnya, Kadispar Kutim Nurullah menjelaskan, pihaknya akan berkolaborasi bersama Distan dan PT GAM untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah Kutim. Sehingga dapat memberikan pencerahan terkait pengelolaan pariwisata dengan pola yang baik.

Setelah kegiatan pelatihan, rombongan PT GAM bersama Distan dan Dispar Kutim melakukan kunjungan ke lokasi Agrowisata Sawah Desa Bumi Rapak dan Agrowisata Buah Desa Bumi Jaya. (*/kopi7/kopi3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini