Beranda Uncategorized Wabup Minta Kades “Jemput Bola” – Muara Bengkal Matangkan Peningkatan Jalan dan...

Wabup Minta Kades “Jemput Bola” – Muara Bengkal Matangkan Peningkatan Jalan dan Listrik

70 views
0

SANGATTA- Hari ketiga lawatan roadshow Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) berada di Kecamatan Muara Bengkal, Jumat (24/2). Pasca perjalanan cukup panjang dari Busang, rombongan menginap semalam di salah satu penginapan warga. Pukul 09.00 Wita, Wakil Bupati Kasmidi Bulang langsung bergerak menuju Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Muara Bengkal Ulu. Musrenabangcam Busang dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Ada 7 desa yang mendiami Kecamatan Muara Bengkal seperti Desa Malupan, Senambah, Ngayau, Muara Bengkal Ilir, Muara Bengkal Ulu, Benua Baru, dan Batu Balai. Dalam kesempatan itu Kasmidi memberikan penajaman program lewat solusi percepatan pergerakan pembangunan. Salah satunya dengan kontribusi semua kepala desa (kades) bekerja sama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. Tidak saling menunggu, semua rencana harus dijalankan inisiatif tanpa menunggu artinya langsung “jemput bola”.

“Seluruh desa mendapatkan jatah bantuan program pembangunan serentak, tidak ada lagi desa yang tidak kebagian. Dalam kabinet Ismu-KB ini menjadi langkah serius Pemkab Kutim bekerja untuk desa-desa secara maksimal. Banyak usulan, berdebat malah tidak ada hasilnya. Fokus saja utamakan (program prioritas), kita bersinergi dengan turun ke lapangan,” tegasnya.

Politisi Partai Golkar Kutim itu menyarankan untuk seluruh pemangku jabatan di pemerintahan desa lebih solid dalam pekerjaan. Pemkab dalam hal ini tidak bekerja dari atas, namun mulai dari bawah. Hal itu akan mengakomodasi usulan program pembangunan andalan daerah setempat. Selanjutnya dipresentasikan ke kecamatan setelah itu ke tingkat Kabupaten.

“Program ini tidak menganggu anggaran dana desa (ADD). Ini murni alokasi Gerbang Desa Madu (gerakan pembangunan desa mandiri dan terpadu) Rp 2-5 Miliar. Semua dirangkul, ada hasilnya, karena program ini sudah berjalan di tahun 2017. DPRD dalam hal ini terus mengawal dan membantu kita agar agenda kerja berjalan lancar dan sukses. Selain itu saya juga minta camat dan kades mengamankan program ini. Sebab proses lelang dan melewati prosedur panjang” tambahnya.

Untuk Muara Bengkal dari catatan bagian Pembangunan Setkab Kutim, ada alokasi bantuan ADD sebesar Rp 12 Miliar dan diluar itu masih ada tambahan Rp 14 Miliar. Total Muara Bengkal mendapatkan dana aspirasi ini sekitar Rp 26 Miliar.

Sementara itu, Camat Muara Bengkal Thamrin mengatakan saat ini dirinya sudah mengumpulkan usulan musrenbang desa yang sebelumnya dilaksanakan. Salah satunya yang begitu penting yaitu pengecoran jalan beton yang menghubungkan desa ke desa dan aliran listrik PLN.

“Saya akan terus berjuang untuk warga saya, intinya saya mau fokus dulu peningkatan fisik dan prasarana jalan yang masih tanah. Jika kondisi hujan jalan cukup sulit dilalui oleh warga. Digenjot menjadi cor dengan semenisasi beton. Disisi lain aliran listrik juga menjadi perhatian khusus, ada beberapa desa yang belum ada jaringan PLN seperti Desa Mulupan dan Senambah,” ungkapnya.

Di akhir acara ada ucapan selamat dari Wakil Bupati Kasmdi Bulang untuk kades terpilih pasca pelantikan seminggu yang lalu. Dilanjutkan dengan bantuan dari Pemkab Kutim untuk Kecamatan Muara Bengkal dalam menunjang operasional kegiatan di desa-desa yaitu 2 buah tenda besar putih berukuran 4 x 5 meter. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here