Beranda Humas Kutim Firgasih Ajak OPD Kolaborasi – Demi Sukseskan 10 Program TP PKK

Firgasih Ajak OPD Kolaborasi – Demi Sukseskan 10 Program TP PKK

192 views
0

SANGATTA- Demi mendukung kesuksesan program kerja Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutim menggelar rapat sinkronisasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab. Tujuan rapat dimaksud tak lain adalah untuk menyelaraskan berbagai program yang diusung oleh TP PKK dengan berbagai OPD yang ada saat ini. Rapat yang dihadiri langsung oleh Bupati Kutim Ismunandar dan Ketua TP PKK Kutim Ny Encek UR Firgasih hari itu dilaksanakan di Ruang Ulin, Kantor Bupati Kutim, Rabu (24/1/2018).

Dihadiri pula Sekertaris TP PKK Kutim dr Yuwana, Ketua atau yang mewakili Pokja serta 24 OPD. Terutama OPD yang program kerjanya terkait langsung dengan kegiatan TP PKK Kutim.

Saat membuka rapat, Bupati Kutim Ismunandar menjelaskan bahwa kegiatan TP PKK merupakan salah satu instruksi yang harus rutin dijalankan setiap tahun. Oleh karena itu harus ada sinkronisasi program kerja antara TP PKK dengan pemerintah.

“Belajar dari daerah lain, yakni Deli Serdang yang dikunjungi beberapa waktu lalu, bahwa PKK bisa maju dan dapat melaksanakan fungsinya dengan baik berkat dukungan dan adanya kerjasama yang baik antara PKK dengan OPD. Terutama yang program kerjanya saling berkaitan,” terangnya.

Selanjutnya agar lebih fokus dengan tupoksi, maka program kerja PKK dengan OPD terkait harus sinkron dan benar-benar direncanakan dengan baik. Saling mendukung demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kutim.

Sebelum memberikan pemaparannya Ketua TP PKK Kutim yang juga Wakil Ketua DPRD Kutim Encek UR Firgasih menjelaskan, TP PKK merupakan organisasi nasional yang memiliki cabang kepengurusan ditiap daerah.

“Sampai dengan saat ini kita bersyukur karena TP PKK Kutim sudah memperbaiki kinerjanya. Untuk 2018 ini ada sebuah kesepakatan atau MoU antara OPD yang terkait dengan program kerja PKK. Karena kita ketahui bahwa kemitraan antara PKK dengan Pemerintah Kabupaten Kutim sangat erat sekali dan tak dapat dipisahkan sebagai mitra kerja,” jelas Firga.

Menurutnya keberhasilan PKK sama artinya keberhasilan Pemerintah Kabupaten. Sebab TP PKK merupakan mitra pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan disegala bidang. Disamping pula berperan sebagai motivator pembangunan pada upaya-upaya mewujudkan keluarga bahagia, sejahtera dan mandiri. Dalam melaksanakan tupoksinya, PKK tak bisa lepas dari OPD. Mengapa? Karena PKK berperan sebagai alat untuk melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat bersinergi dengan instansi pemerintah. Selain itu TP PKK mempunyai peran yang sangat strategis dalam memberdayakan keluarga. Terutama perempuan sebagai motor penggeraknya. Dengan kelembagaan yang sudah sangat terstruktur di PKK hingga pembentukan dasawisma di tengah masyarakat.

“Hal tersebut merupakan sebuah potensi besar yang dipunyai PKK,” tegasnya. (hms11)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here